Sukses

Sejarah Diperingatinya Hari Dongeng Nasional 28 November

Liputan6.com, Bandung - Tidak hanya Hari Menanam Pohon Indonesia saja, 28 November juga ternyata diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional. Berikut tentang sejarah Hari Dongeng Nasional.

Dongeng merupakan sebuah kegiatan bercerita mengenai kisah-kisah khayalan ataupun cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng biasanya mempunyai tujuan dalam menghibur pembacanya, yaitu membuat pembacanya bisa sangat terhibur dengan jalan kisah yang diberikan.

Beberapa dongeng juga tidak hanya menghibur, namun juga mempunyai nila-nilai pendidikan yang mempunyai pesan mendidik.

Adapun dongeng juga biasanya dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa. Biasanya dongeng juga menjadi salah satu warisan dari nenek moyang secara turun temurun diceritakan kepada generasi-generasi lainnya.

Hal tersebut menjadi karya sastra yang perlu dilestarikan keberadaannya terutama untuk mempertahankan karya tersebut.

Dongeng juga bisa menjadi salah satu pembelajaran dalam membuat karakter anak tumbuh dari belajar dengan berimajinasi.

Banyak manfaat dongeng khususnya bagi anak-anak. Seperti mengajarkan beberapa kosakata baru bagi mereka, membantu anak dalam mengenal emosi dan berimajinasi, membantu anak untuk meningkatkan keterampilan mendengar mereka hingga memunculkan minat baca.

Beberapa dongeng terkenal yang tidak asing di telinga masyarakat misalnya seperti kisah dongeng Sangkuriang, Malin Kundang, Danau Toba, hingga Timun Mas. Secara turun temurun kisah dongeng tersebut sudah diceritakan dari berbagai generasi hingga saat ini.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sejarah Hari Dongeng Nasional

Hari Dongeng Nasional sendiri tidak terlepas dari salah satu sosok yang pasti diketahui oleh semua orang. Sosok tersebut adalah Drs Suyadi atau Pak Raden yang membuat Hari Dongeng Nasional ditetapkan menjadi peringatan nasional.

Bahkan hari lahir dari Pak Raden yaitu pada 28 November 1932 dijadikan sebagai Hari Dongeng Nasional.

Pak Raden adalah sosok yang telah hidup tidak lepas dari dunia dongeng. Ia telah berjasa dalam mengapresiasi karya-karya sastra terutama mengenai dongeng tidak heran sosoknya menjadi legenda dalam dunia dongeng Indonesia.

Berkat Pak Raden, banyak sekali tayangan-tayangan yang edukatif yang ia berikan terutama untuk anak-anak seperti karya yang paling terkenal adalah Si Unyil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS