Sukses

2 Orang Tewas Saat Hujan Deras Mengguyur Arab Saudi, Banjir Memutus Jalan Menuju Makkah

Sedikitnya dua orang tewas ketika hujan lebat melanda Arab Saudi bagian barat, pada Kamis (24/11/2022) waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Sedikitnya dua orang tewas ketika hujan lebat melanda Arab Saudi bagian barat, pada Kamis (24/11/2022) waktu setempat. Peristiwa banjir ini membuat sejumlah penerbangan tertunda dan sekolah ditutup.

"Dua kematian telah dicatat sejauh ini, dan kami menyerukan kepada semua orang untuk tidak keluar kecuali diperlukan," tulis keterangan pemerintah daerah Mekkah di akun Twitter-nya.

Wilayah Makkah termasuk Jeddah, kota terbesar kedua di Arab Saudi berpenduduk sekitar empat juta orang. Sebagaimana diketahui, Mekah, kota suci dalam agama Islam di mana jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahun.

Jalan yang menghubungkan keduanya digunakan banyak peziarah untuk mencapai Mekah. Namun, jalan itu ditutup pada Kamis setelah hujan deras turun di wilayah tersebut hingga mengakibatkan banjir.

Media pemerintah melaporkan, jalan tersebut kemudian dibuka kembali. Saluran Al-Ekhbariya yang berafiliasi dengan negara menunjukkan rekaman jemaah di Masjidil Haram di Mekkah yang mengitari Ka'bah di bawah hujan lebat.

Sementara, di Jeddah, gambar yang diunggah ke media sosial menunjukkan genangan air menggeram lalu lintas dan sebagian menenggelamkan beberapa kendaraan.

Bandara Internasional King Abdulaziz di kota itu juga menyatakan bahwa karena kondisi cuaca, keberangkatan beberapa penerbangan telah ditunda. Hal itu mendesak penumpang untuk menghubungi maskapai penerbangan untuk jadwal terbaru.

Dilansir dari kantor berita resmi Saudi Press Agency, sebelum fajar bahwa sekolah-sekolah di kota itu akan ditutup sementara karena hujan diperkirakan akan terus berlanjut sepanjang hari.

Sekolah-sekolah juga ditutup di kota-kota terdekat Rabigh dan Khulais. “Untuk menjaga keselamatan siswa laki-laki dan perempuan,” tulis keterangan di media tersebut.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raja Salman Beri Hari Libur Nasional

Kerajaan Arab sendiri memang sengaja libur karena pada Rabu lalu Raja Salman menyatakan hari libur nasional menyusul kemenangan mengejutkan Arab Saudi dari Argentina di Piala Dunia 2022.

Hujan badai musim dingin dan banjir diketahui terjadi hampir setiap tahun di Jeddah. Di mana penduduk telah lama mengecam infrastruktur yang buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.