Sukses

Trending Topic di Twitter, Apa Itu Pengendalian IMEI?

Pengendalian IMEI menjadi salah satu topik yang trending saat ini di media sosial Twitter.

Liputan6.com, Bandung - Pengendalian IMEI menjadi salah satu topik yang trending saat ini di media sosial Twitter. Para warganet membicarakan mengenai Pengendalian IMEI yang bisa membuat ponsel ilegal tidak akan bisa mendapat sinyal karena aturan tersebut.

Banyak di antara warganet yang mengira bila smartphone-nya tiba-tiba tidak mempunyai sinyal dan hilang. Ternyata hal tersebut bisa jadi dikarenakan smartphone yang digunakan terkena Pengendalian IMEI.

Takut banget, imei ku gak terdaftar, paket 3 ilang sinyal, ada sinyal lg tapi jadi 3g,” keluh salah satu akun Twitter @Min_mutiara.

Aduh pasti nyesel sih kalo tiba-tiba sinyal ilang. Makanya kl beli ponsel yg di outlet resmi. biar gak worry karena aturan Pengendalian IMEI ini,” tulis akun @TheTreize.

Adapun pengendalian IMEI atau International Mobile Equipment Identity ini menjadi kebijakan pemerintah yang sudah ditetapkan sejak 18 April 2020.

Tujuan dari penetapan tersebut adalah untuk menekan penggunaan ponsel ilegal yang ada di Indonesia dan mempunyai potensi merugikan baik untuk negara maupun masyarakat.

Kebijakan tersebut juga diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2019 tentang Sistem Basis Data Identitas perangkat Telekomunikasi Bergerak serta diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengendalian IMEI di Negara Lain

Kehilangan sinyal yang bisa terjadi pada ponsel yang IMEI-nya tidak terdaftar dikarenakan operator langsung memblokirnya.

Pengendalian IMEI ini sendiri tidak hanya dilaksanakan di Indonesia saja namun beberapa negara lain seperti Australia, Turki, Mesir, dan masih banyak lagi.

Pengendalian ini juga diterapkan untuk bisa menekan penggunaan dari ponsel ilegal di Indonesia dan juga menjaga masyarakat dalam menggunakan ponsel yang asli sehingga bisa terhindar dari ponsel palsu.

 

3 dari 3 halaman

Ponsel Ilegal

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri ada banyak penjual yang menjual produk-produk ponsel yang ternyata ilegal. Terutama dijual dengan spesifikasi yang diklaim tinggi namun murah yang ternyata produk tersebut ilegal.

Pengendalian IMEI ini menjadi bentuk pencegahan serta bertujuan agar tidak merugikan masyarakat dan negara.

Adapun untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ada baiknya menggunakan ponsel yang legal daripada ilegal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.