Sukses

5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya perlu diantisipasi memasuki musim hujan

Intensitas hujan yang tinggi membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Terutama mereka yang mengendarai sepeda motor.

Jalanan yang tergenang air berpotensi membahayakan pengendaranya. Jalanan licin menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai. 

Berikut ini 5 Tips Berkendara di Musim Hujan untuk antisipasi para pengendara:

Kurangi Kecepatan

Jalanan yang diguyur hujan tentunya akan memiliki permukaan yang cukup licin, hal ini akan mengurangi visibilitas bagi para pengendaranya. Untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu, maka para pengendara wajib mengurangi kecepatan berkendaranya.

Hal ini akan berdampak pada controlling yang lebih baik dan memiliki waktu untuk mengamati situasi sekitar. Selain itu, dengan kita mengurangi kecepatan, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya aquaplaning yang membuat ban kendaraan kehilangan pada permukaan jalan yang basah dan licin.

Jangan Rem Mendadak

Sering kita temui jalanan yang berada di setiap daerah di Indonesia masih banyak yang bergelombang dan berlubang, hal ini tentunya akan mengganggu bagi para pengendara, apalagi disaat hujan melanda. 

Jarak pandang yang terganggu dan dan genangan pada jalanan berlubang menjadi salah satu hal paling menakutkan bagi para pengendara dan sering memakan korban. Karena itu, bagi para pengendara tidak disarankan menggunakan rem secara mendadak ketika berkendara. 

Karena hal ini akan menyebabkan kendaraan di belakang kita kehilangan control jika tidak beruntung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Perhatikan Tekanan Angin dan Alur Ban

Bagi para pengendara, kesehatan ban kendaraan kerap terlewatkan. Jangan sampai terulang ketika memasuki musim penghujan, karena dapat beresiko bagi kendaraan yang melayang diatas air atau aquaplaning dan tergelinir. 

Pastikan kita periksa tekanan, alur dan ketebalan ban luar setiap seminggu sekali, untuk memastikan semuanya masih bagus dan aman untuk berkendara.

Menepi Saat Ada Masalah Dalam Berkendara

Bagi para pengendara, perlu diingat jika kita merasa ada masalah dengan kendaraan yang kita kendarai lebih baik menenepi sejenak. 

Terlebih jika kendaraan yang kita kendarai sudah terlampau lama. Sebaiknya saat hujan bahkan banjir, jangan paksakan untuk melanjutkan berkendara. 

Nyalakan Lampu Kendaraan

Sepele namun penting, lampu kendaraan berfungsi untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain serta berfungsi agar kita dapat melihat kondisi jalan dengan baik. 

Jangan sampai kita berkendara di saat musim hujan tanpa dilengkapi lampu kendaraan yaa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.