Sukses

Dari Mana Asalnya Kata Sempak?

Di Indonesia, celana dalam sudah sering disebut dengan nama lain yaitu sempak. Ternyata, sempak berasal dari bahasa Belanda, 'zwempak' yang artinya pakaian renang.

Liputan6.com, Bandung - Celana dalam adalah pakaian yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Namun, ternyata banyak ragam fakta menarik seputar celana dalam yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Di Indonesia, celana dalam sudah sering disebut dengan nama lain yaitu sempak. Ternyata, sempak berasal dari bahasa Belanda, 'zwempak' yang artinya pakaian renang.

Kicauan warganet dengan akun bernama @yoyen mengemukakan asal muasal kata sempak tersebut. Ditulis dengan zwempak yang berarti celana renang.

Zwem dari zwemmen: berenang. Pak: setelan/pakaian,” tulis @yoyen. Seharusnya, sempak itu pakaian renang, bukan celana dalam.

Sebetulnya, ada banyak kata dari bahasa Belanda yang kita serap berdasarkan bunyi, bahkan ejaan aslinya hilang sama sekali demi kenyamanan lidah Indonesia dalam melafalkannya. Misalnya, orang awam akan tetap menyebut Menteng Huis dengan Menteng Huis, tidak menjadi Menteng Hais.

Tak cuma zwempak yang sudah beralih ucap. Kata dari Belanda, kakhuis yang berarti rumah kotoran, di Indonesia menjadi kakus. Kata ini, kemungkinan besar juga diserap bukan oleh telinga, melainkan oleh mata.

Maka dari itu, kata kakhuis tidak diserap menjadi kakhais. Sebagaimana seharusnya huis dibaca hais, melainkan menjadi kakus. Ejaan aslinya juga telah dimatikan.

Sebetulnya, ada banyak sekali kata yang jika dikembalikan ke penulisan aslinya menurut bahasa Belanda. Contohnya, handdoek (handuk), hemd (hem), das (dasi), kous (kaus), krant (koran), kraan (keran), slang (selang), laatje (laci), hengsel (engsel), dommerkracht (dongkrak), boesie (busi), versneling (persneling), uitrijd (atret), zekering (sekring), dan kortsluit (korslet).

Tapi rasanya kesalahkaprahan ini tidak perlu dikembalikan ke penulisannya. Toh salah kaprah ini sudah memperkaya khazanah bahasa Indonesia kita!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.