Sukses

Dortmund Batal Hadapi Persib dan Persebaya di Indonesia

Liputan6.com, Bandung - Klub raksasa Bundesliga Jerman Borussia Dortmund mengumumkan batal mengadakan tur melawan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya. Semula laga trofeo itu akan digelar pada 27 November 2022 di Gelora Bung Tomo Surabaya.

Informasi resmi batalnya Die Bosussen ke Indonesia disampaikan klub Jerman itu melalui situs resminya pada Senin (31/10/2022). Klub batal mengunjungi tur Asia di sela gelaran Piala Dunia 2022 itu termasuk melawan Persib dan Persebaya.

Dalam keterangan resminya, Dortmund mengungkapkan alasan keamanan jadi faktor utama batalnya tur tersebut.

Hal itu mengingat beberapa waktu lalu terjadi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang membuat 135 nyawa melayang. Selain itu, pertandingan sepak bola juga belum bisa digelar di Indonesia sampai sekarang.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Borussia Dortmund (BVB) (@blackyellow)

Adapun sebagai gantinya, Dortmund akan menghadapi klub raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

“Lawan dan tanggal untuk Asia Tour 2022 Borussia Dortmund (21 November hingga 1 Desember) telah dikonfirmasi. Selain pertandingan yang diadakan di Indonesia, yang tidak dapat berlangsung karena peraturan pemerintah untuk meningkatkan keamanan di stadion sepakbola, BVB akan bermain melawan Johor Southern Tigers (Darul Takzim) di Malaysia pada 28 November,” tulis keterangan Dortmund dikutip Selasa (1/11/2022).

Sebelum melawan JDT, Dortmund akan menghadapi klub Singapura, Lion City Sailors pada 24 November.

“Tur akan diakhiri dengan pertandingan lawan tim nasional Vietnam di Hanoi pada 30 November,” terang keterangan resmi klub.

Meski tak jadi ke Indonesia, Dortmund berjanji akan berusaha menjaga hubungan baik dengan sepak bola Indonesia. Bahkan, mereka menyiapkan sejumlah agenda untuk mengganti batalnya tur mereka ke Indonesia.

“BVB akan menjaga hubungan dekat dengan para penggemar di Indonesia. Digital workshop tentang hubungan fan dan budaya fan, kunjungan legenda BVB dan Akademi Sepak Bola Evonik, serta proyek bersama Bundesliga tengah dikerjakan,” bunyi keterangan klub.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS