Sukses

Pernah Berjaya, Ini Deretan Wahana Ngetop Hiburan Pasar Malam

Pada masa kolonial Belanda, pasar malam dikenal dengan istilah Jaarbeurs.

Liputan6.com, Bandung - Bagi sebagian generasi Y atau Z tentu cukup asing dengan istilah pasar malam. Ya, hiburan di pasar malam memang saat ini sudah bisa dikatakan jarang diadakan terutama di kota-kota besar.

Namun, pasar malam merupakan tempat yang pernah eksis pada masa lalu dan bisa dikenang lagi kejayaannya seperti berikut.

Hiburan yang dikenal dengan sebutan pasar malam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mal. Pasar malam juga menyediakan berbagai hiburan bagi masyarakat, khususnya pada malam hari.

Pasar malam merupakan tempat alternatif bagi masyarakat yang ingin memperoleh hiburan bersama keluarga, kerabat, atau teman-teman.

Biasanya, pasar malam menyediakan berbagai macam barang dagangan, seperti produk-produk pakaian, kerajinan tangan, produk jasa, elektronik, dan sebagainya. Selain itu, ada juga berbagai macam jajanan atau kuliner, serta hiburan seperti pertunjukan musik, pagelaran seni, dan sebagainya.

Pasar malam sendiri lebih dikenal oleh masyarakat dengan aktivitasnya terdapat wahana permainan, seperti bianglala, kora-kora, ombak banyu, dan sebagainya.

Berdasarkan sejarahnya, pasar malam awalnya muncul di Indonesia bukanlah seperti yang disebutkan tadi. Dulu, pasar malam merupakan acara tahunan yang digelar untuk pameran dan promosi produk-produk kerajinan, perkebunan, industri, dan lain-lain.

Pada masa kolonial Belanda, pasar malam dikenal dengan istilah Jaarbeurs. Pada masa itu, ada juga berbagai atraksi dan perlombaan yang diadakan selama pasar malam Jaarbeurs berlangsung.

Pasar malam yang demikian lebih memiliki banyak dampak positif, dan sedikit dampak negatif, dibanding dengan pasar malam berpindah-pindah yang memiliki wahana permainan.

Sementara, pasar malam belakangan ini sudah kurang ideal untuk dijadikan sebagai alternatif hiburan bagi seluruh masyarakat. Saat ini, hanya sebagian kecil masyarakat yang masih tertarik untuk berkunjung ke pasar malam guna memperoleh hiburan.

Berikut ini, Liputan6.com mengulas wahana hiburan ngetop yang pernah eksis di pasar malam. Cekidot!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Komedi Putar

Wahana yang selalu hadir di area pasar malam adalah komedi putar. Ya, ini termasuk wahana permainan yang paling diminati masyarakat.

Komedi putar adalah wahana yang diputar menggunakan mesin. Pengunjung pasar malam bisa duduk manis di kursi yang berbentuk kuda lengkap dengan pegangan tangan untuk menjaga agar tidak jatuh selama komedi putar berjalan.

2. Bianglala

Selanjutnya ada bianglala. Wahana ini juga selalu hadir saat mengunjungi pasar malam.

Bianglala adalah sebuah kincir besar yang siap membawa kamu menuju ketinggian hingga 30 meter. Walau menegangkan, permainan ini sangat cocok dinaiki bersama keluarga, sahabat, atau pacar. Dengan naik bianglala, kamu dapat melihat pemandangan indah dari atas.

3. Ombak Banyu

Ombak banyu adalah wahana pasar malam yang bisa dinikmati semua kalangan. Wahana ini membuat kita merasakan sensasi terombang-ambing di lautan.

Menariknya, ombak banyu dioperasikan manual oleh petugas. Petugas beratraksi ria saat memutar ombak banyu diiringi dengan musik. Mereka melompat sampai bergelantungan.

4. Rumah Hantu

Bukan pasar malam namanya kalau tidak ada wahana rumah hantu. Ya, wahana satu ini biasanya jadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung yang ingin merasakan suasana menyeramkan.

3 dari 3 halaman

5. Tong Setan

Wahana berikutnya adalah tong setan. Bagi pengunjung pasar malam, wahana ini selalu ditunggu-tunggu.

Kamu harus merogoh kocek untuk menyaksikan wahana yang memperlihatkan atraksi yang memacu adrenalin ini. Dalam wahana ini, pengunjung bisa melihat pengendara motor yang mengendarai motornya berputar 360 derajat di dalam tong raksasa.

6. Lempar Gelang/Bola

Wahana yang tak kalah seru adalah lempar gelang atau bola. Keseruan bermain lempar gelang adalah kita akan mendapatkan hadiah jika berhasil melempar gelang hingga masuk ke dalam gelas yang sudah diberikan nomor.

Hadiahnya sesuai dengan nomor yang tertera di gelas tersebut misalnya boneka, piring, payung, dan masih banyak lagi.

7. Kereta Api Mini

Selain menyediakan wahana untuk orang dewasa, pasar malam juga menyajikan wahana untuk anak-anak. Kereta api mini ini berjalan di atas rel melingkar dan cocok buat anak-anak untuk menyalurkan nyali petualangannya naik kereta api mini.

8. Mandi Bola

Mandi bola adalah salah satu permainan yang menjadi favorit anak-anak, terutama anak usia dini dan pra-sekolah. Anda dapat dapat melihat betapa ramainya arena permainan yang dilengkapi dengan mandi bola salah satunya di pasar malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.