Sukses

Cara Ampuh Pelajari Materi Belajar dengan Cepat

Liputan6.com, Bandung - Selama hidup kita pasti terus belajar untuk menyesuaikan diri di setiap tempat. Baik belajar di sekolah, kampus, atau di kantor tempat kita mencari nafkah.

Namun, setiap orang memiliki kapasitas dan kemampuannya masing-masing untuk memahami pelajaran dan instruksi yang diberikan oleh guru atau pimpinan.

Otak menjadi organ tubuh yang paling krusial dalam menjalani aktivitas tersebut. Makanya, manusia akan berusaha sekuat mungkin agar materi yang dipelajari di sekolah atau kantor bisa cepat masuk ke otak.

Sayangnya, sebagian besar orang mengalami kesusahan konsentrasi. Terlebih ada beberapa penyebab yang menyulitkan sebagian orang memahami instruksi.

Maka dari itu, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan agar pelajaran atau materi bisa diserap dengan cepat agar sekolah atau pekerjaan kita dinilai baik oleh guru dan pimpinan. Apa saja aktivitas tersebut? Berikut daftarnya:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Belajar di Pagi Hari

Ini merupakan tips paling ampuh yang biasa diterapkan oleh para pelajar. Mereka terbiasa bangun di pagi hari sekitar pukul 3 atau 4 pagi.

Hal ini juga bisa dilakukan oleh para karyawan yang memiliki deadline atau pekerjaan setumpuk. Daripada begadang, lebih baik tidur lebih cepat dan bangun di pagi hari.

Dengan bangun sepagi ini, maka tubuh dan otak siap diajak belajar sehingga memudahkanmu untuk memahami materi. Belajar di pagi hari umumnya memberi kemampuan ingatan yang baik, apalagi tubuh telah beristirahat cukup dan suasana yang tenang dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

Terapkan Metode Mind Mapping

Mind mapping membantu kita mengingat secara detail. Karena mind mapping melibatkan otak kanan yang memerlukan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar.

Selain itu, dengan teknik belajar ini, pikiran akan fokus pada topik utama yang mengasosiasi dengan kata kunci tertentu dari sebuah materi. Ini tentu akan mempermudah kita mengingat karena fokus pada poin-poin penting dan menyimpulkannya ke dalam peta konsep sederhana.

Catat Poin-Poin Penting

Salah satu tips agar materi cepat masuk ke otak adalah dengan mencatat poin-poin penting dari hasil belajar atau hasil mendengarkan paparan pimpinan. Ada baiknya bila membaca materi terlebih dahulu, lalu catatlah poin-poin penting tersebut.

Saat membaca dan menemukan fakta atau temuan penting, maka catatlah menjadi poin-poin penting. Saat mencatat, ada baiknya kita menghafalkannya juga supaya bisa ingat apabila mendapatkan soal dengan materi tersebut.

3 dari 3 halaman

Visualisasikan

Tipe belajar orang tentu berbeda-beda. Ada yang lebih mudah memahami materi dengan cara memvisualisasikan atau membayangkan. Carilah video pembelajaran supaya lebih mudah memvisualisasikan materi yang disampaikan.

Kuis Tanya Jawab

Mengerjakan kuis dan latihan soal di buku mungkin terasa monoton. Kamu bisa menyiasatinya dengan menyelenggarakan kuis tanya jawab.

Kamu bisa minta bantuan adik, ayah, atau ibumu untuk membuat kuis. Biarkan mereka yang memberi pertanyaan, lalu kamu yang menjawab.

Dijamin kamu akan semangat dan pasti sangat ingat dengan pertanyaan yang dilontarkan. Mungkin saja pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul dalam ujian. Selain kuis, kamu juga bisa mempresentasikan paparan yang akan disampaikan dalam rapat kantor kepada keluarga atau pasanganmu supaya penyampaian lebih matang di esok hari.

(Fathia Uqimul Haq)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS