Sukses

Jaket Ovan Tobing dan Sejarah Aremania yang Jadi Kebanggaan Warga Malang

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi kemanusiaan yang menewaskan ratusan suporter Arema Malang Jawa Timur membuat keprihatinan dari seluruh dunia.

Ratusan suporter Aremania Malang meninggal usai laga pertandingan Arema FC Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. Aksi doa bersama digelar di berbagai daerah mendoakan suporter yang tewas dalam tragedi tersebut.

Sementara itu, pemerintah membentuk tim independen pencari fakta untuk menginvestigasi penyebab tragedi berdarah para suporter Arema.

Namun, belum banyak yang mengetahui sejarah kapan istilah Aremania mulai muncul di tubuh suporter Arema Malang. Dirangkum dari berbagai sumber, sebutan untuk pendukung Arema itu berawal dari sebuah jaket milik Ovan Tobing (OT), salah seorang pendiri Arema.

Dari akun Instagram @memoryarema, diketahui jaket berwarna merah itu dikenakan OT pada 4 September 1994, tepat 28 tahun yang lalu. 

Tulisan Aremania menempel pada bagian belakang jaket tersebut dengan huruf kapital yang terbordir.

OT pernah memamerkan jaket terebut pada Hari Ulang Tahun Arema ke-25 (ulang tahun perak) pada tahun 2012 silam di kantor Arema. Pada kesempatan itu dikisahkannya pula sejarah jaket tersebut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Sebutan Arema

"Saya lupa lawan siapa waktu itu. Yang saya ingat, banyak wartawan lalu mengerubungi saya bertanya tentang arti nama Aremania di belakang jaket saya," kata Ovan tertulis, Minggu (2/10/2022).

Sejarah Aremania ternyata ada campur tangan dari PT Djarum, karena ada benang merah antara lahirnya sebutan Aremania dengan PT Djarum.

Produsen rokok tersebut ternyata yang membuatkan jaket merah bertuliskan Aremania itu untuk Ovan Tobing.

OT sudah menganggap jaket itu sebagai jaket sakral lantaran dari situ awal mula sebutan Aremania muncul. 

Dari situ lah tonggak sejarah Aremania hingga nama itu kini menjadi kebanggaan bukan cuma bagi Arek Malang, tapi juga semua yang mengaku mendukung skuad Singo Edan.

"Satu keinginan saya yang tidak bisa terwujud adalah bertemu dengan si pembuat jaket ini. Saya pernah meminta bantuan pihak Djarum, namun mereka juga sudah tidak tahu lagi. Buat saya, si pembuat jaket ini berjasa besar bagi Aremania. Tanpa jaket ini, simbol kebesaran Aremania mungkin tidak dapat terwujud," dia menandaskan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.