Sukses

Musa Rajekshah Peringkat Kedua Hari Pertama APRC Setelah Rifat Sungkar, Sean Gelael Ketiga

Liputan6.com, Simalungun Pereli tuan rumah, Musa Rajekshah, sekaligus Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) menjadi tercepat kedua setelah Rifat Sungkar di Leg 1 gelaran Asia Pacific Rally Championship (APRC) Danau Toba, Sabtu (24/9/2022).

Pada balapan yang digelar di trek Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, didampingi co-driver, Hervian Soejono, meraih total waktu 01:22:18,8 hingga Spesial Stage (SS) 8 setelah Rifat Sungkar 01:19:56,4, disusul Sean Gelael dengan waktu 01:24:57,1.

Sean Galael dikabarkan merosot ke posisi ketiga usai kena penalti 8 menit akibat melakukan kesalahan di SS8. Penalti berdampak pada total catatan waktu Sean menjadi 1 jam 24 menit 57 detik, tambahan 8 menit dari overall yang diraihnya 1 jam 16 menit 57 detik.

"Sean terkena penalti 8 menit karena kecepatan melapor kepada petugas TC (Time Control)," kata Pimpinan Perlombaan, Elwin Siregar.

Sejak awal balapan, Sean Gelael sudah tancap gas. Menunggangi mobil Citroen C3 andalannya, Sean didampingi navigator asal Portugal, Hugo Magalhaes, mengawali catatan dengan mulus di SS1 Negeri Dolok, yaitu 0:07:00.5.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali Tercepat

Di SS2 Huta Tonga, Sean Gelael kembali jadi yang tercepat dengan catatan waktu 0:12:57.1. Di SS2 ini Sean mendapat perlawanan dari Rifat Sungkar dan Ryan Nirwan. Sementara Musa Rajekshah sempat tercecer di urutan kelima.

Pada SS3, Sean kembali melesat dengan 0:04:57.8. Kali ini pembalap Team Ayam Jago ini ditempel Ryan Nirwan dengan selisih hanya 11 detik, disusul Rifat. Di SS4, Sean masih tercepat dengan 0:13:47.4. Kali ini dia ditempel Musa Rajeksha/Hervian Soejono di urutan kedua. Sementara Ryan Nirwan mengalami trouble dan gagal finish.

Di SS5 sampai 8, Sean Gelael tetap di urutan teratas disusul Rifat Sungkar. Ryan Nirwan yang mobilnya sudah pulih kembali masuk persaingan di SS6. Tapi dia kembali melorot di SS7, sedangkan Musa Rajekshah menempel di urutan ketiga dengan selisih 9 menit dari Sean.

3 dari 4 halaman

Rifat Sungkar Wanti-wanti Musa Rajekshah

Rifat Sungkar bersyukur tidak mengalami banyak kendala di APRC kali ini. Dia mengaku bukan hanya Sean Gelael yang menjadi pesaing, tetapi juga mewanti-wanti pacuan Musa Rajekshah.

"Kita lihat maping juga dari Sumut, Bang Ijeck permainannya baik. Saya senang lihatnya. Artinya, reli pasti akan ada terus," kata Rifat, yang sempat mengalami masalah ban di SS awal.

Pereli tuan rumah Sumut, Musa Rajekshah, yang lolos 3 besar dengan waktu overall 1:22:18.8 bersyukur. Grafik performa Musa Rajekshah/Hervian Soejono sejak SS2 memang terus meningkat.

Pembalap berjuluk Sang Flamboyan itu mengaku menemui sedikit masalah saat di SS1 dan SS2. Namun, adaptasi dengan mobil barunya Skoda Fabia terbilang mulus.

"Alhamdulilah, overall mobil gak ada trouble, dan saya mulai menguasai kendaraan meski tadi di SS1 kami mengalami kendala ke luar jalur, SS2 juga ada sedikit, tapi di SS3 dan SS4 sudah lebih menguasai," ujar Ijeck.

Diakuinya, seluruh rival pada kompetisi kali ini cukup kuat, tapi dia tetap optimis bisa lebih baik di putaran selanjutnya. Musa Rajekshah optimis bersaing dengan pereli lain. "Mudah-mudahan bisa lebih menguasai lagi," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Klasemen Masih Mungkin Berubah

Pereli Putra Rizky dan co-driver Rizky Fauzi dari LFN-Sederhana sempat menyodok ke urutan 4 sampai SS4. Namun di SS6 mereka mengalami trouble dan finish di urutan 7. Di 2 sisa SS, keduanya tak lagi terlihat. Mereka terpaksa turun ke posisi 8 overall.

Posisi 4 pun direbut pereli LFN-Sederhana, Rachmat/Hade Mboi. Dengan Nissan Micra Proto mereka mencatat waktu 01:26:12.9. Ayah Sean, Ricardo Gelael dari Team Jagonya Ayam menempati urutan kelima dengan total 1 jam 27 menit 20 detik.

Kemudian disusul Atuy Faturahman (Dorispa Motorsport) di posisi ke-6 overall 01:27:47.2. Sementara juara Kejurnas seri I, Ryan Nirwan melorot ke posisi ke-7 dengan total catatan waktu 01:28:39.6. Ryan juga terkena penalti 2 menit 30 detik.

Meski persaingan pada hari pertama terbilang cukup ketat, namun klasemen masih mungkin berubah dengan sisa 4 SS yang akan digelar pada Minggu, 25 September 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.