Sukses

Lewat APRC 2022, Harun Mustafa Bangkitkan Lagi Dunia Otomotif Sumut

Liputan6.com, Simalungun Ketua Ikatan Motor Indonesia Sumatera Utara (IMI Sumut), Harun Mustafa mengatakan, lewat event Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022, pihaknya ingin membangkitkan kembali dunia otomotif di Indonesia.

Hal itu dikatakan Harun saat konferensi pers APRC 2022 di Parapat, Simalungun, Sumut, Jumat (23/9/2022).

"Alhamdulillah, APRC ini bisa kita laksanakan di Sumut. Pak Wagub, Musa Rajekshah, yang terus memberikan semangat kepada IMI agar dunia otomotif kembali berjaya di Sumut dan Indonesia," ucapnya.

Selaku ketua panitia pelaksana, Harun Mustafa berharap kegiatan APRC yang dirangkai dengan Kejurnas Rally Danau Toba ini dapat berlangsung sukses sampai ditutup pada 25 September 2022 nantinya.

"Kali ini peserta ada 65. Negara yang mengikutinya Malaysia, Portugal, Lebanon, dan Australia. Saya berharap para peserta bisa menjunjung tinggi sportivitas. Tidak ada kendala. Start 65, finish juga 65 peserta," terangnya.

Harun Mustafa juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Simalungun yang telah ikut menyukseskan acara tersebut. Begitu juga kepada TNI dan Polri serta sponsor lainnya.

"Besar harapan kami tahun depan para peserta bisa ikut balik lagi kesini biar sama-sama kita bisa mewujudkan Sumut tuan rumah World Rally Championship (WRC)," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sean Gelael Tercepat di Sesi Pemanasan

Pada Kamis, 22 September 2022, pereli Sean Gelael menjadi tercepat saat menjalani sesi pemanasan atau shakedown di arena balapan kawasan hutan industri PT Toba Pulp Lestari, sektor Aek Nauli, Parapat, Provinsi Sumut.

Mengendarai Citroen C3 R5, pereli dari Tim Jagonya Ayam, Sean dan co-driver, Hugo Gamalhaes mencatatkan waktu 01:19,0 di shakedown putaran pertama, dan 01:17,2 putaran kedua.

Melihat antusiasme penonton dan peserta, Cleck of the Course (COC) Danau Toba Rally, Elwin Siregar, mengaku puas. Diakuinya, shakedown berjalan dengan baik, hampir semua peserta yang diundang ikut hadir.

"Animo masyarakat dan media juga sangat besar. Sean Gelael menjadi yang tercepat di lintasan berjarak 2,08 kilometer," kata Elwin.

3 dari 6 halaman

Persiapan Berjalan Baik

Chief Steward, Poedio Bintoro, juga mengaku puas dengan segala persiapan yang dilakukan panitia, sehingga semua berjalan lancar tanpa kendala.

"Persiapan semuanya sudah baik, karena yang bulan lalu kita sudah ada (reli nasional) putaran pertama, jadi semua panitianya menjalankan persis seperti yang lalu," kata Poedio.

"Bedanya sekarang ada tambahan satu SS (special stage). Segala persiapan telah matang," sambung Poedio, juara Reli Nasional tahun 1980 dan 1981 yang mendampingi driver Chepot Hanny Wiano.

Pereli H Putra Rizky dan co-driver H Rizky Fauzi dari LFN Sederhana Racing Team menempati posisi tercepat kedua dengan catatan waktu 01:20,3.

Sedangkan Rifat Sungkar dan juara Reli Nasional putaran satu, Ryan Nirwan, menempati posisi ketiga dan keempat dengan catatan waktu tercepat 01:22,4 dan 01:24,4.

4 dari 6 halaman

Musa Rajekshah Tunggani Skoda Fabia

Mengendarai Skoda Fabia, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, siap adu kecepatan di Kelas M1 pada ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022.

Balapan reli tingkat Asia Pasifik ini akan digelar di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) pada 24-25 September 2022.

Di Kelas M1, Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck akan berlaga dengan para pereli Asia lainnya, di antaranya Sean Galael bersama navigator yang berasal dari negara Portugal, Hugo Magalhaes.

Kemudian juga sang juara Kejurnas Rally 2022, Ryan Nirwan. Ada juga Rifat Sungkar yang membawa navigator dari Australia, Benjamin Searcy, dan sejumlah pereli lainnya.

"Saya sudah siap untuk bertanding dan meramaikan APRC 2022," kata Musa Rajekshah, Kamis, 22 September 2022.

5 dari 6 halaman

Survei Rute

Kesiapan Musa Rajekshah untuk adu cepat di APRC 2022 terlihat dengan melakukan survei rute lebih dahulu di Aek Nauli, Simalungun, sebelum dilakukannya shakedown.

"Saya sudah cek rute dan lebih siap untuk bertanding di APRC," ucapnya.

Seperti diketahui, Skoda Fabia berwarna kuning dengan tulisan Blablabla Motorsport yang dipakai Musa Rajekshah pada APRC 2022 merupakan mobil buatan Rep Ceko yang ke-3.

Bukan hanya Musa Rajeksha, dalam APRC 2022, Skoda Fabia juga dipakai pereli H Putra Rizky dan H Atuy Faturahman.

6 dari 6 halaman

Berskala Internasional

Ketua Ikatan Motor Indonesia Sumatera Utara (IMI Sumut) Harun Mustafa juga menyampaikan, pada APRC 2022 mobil-mobil yang turun merupakan mobil-mobil yang memang sudah berskala internasional.

"Kita memang sudah sangat siap untuk membuat event ini. Karena Sumut sudah beberapa kali juga menggelar APRC. Semoga kali ini semakin sukses," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.