Sukses

Sean Gelael Jadi yang Tercepat di Sesi Shakedown APRC 2022 Danau Toba

Liputan6.com, Parapat Pereli Sean Gelael menjadi yang tercepat saat menjalani sesi pemanasan atau shakedown di arena balapan kawasan hutan industri PT Toba Pulp Lestari, sektor Aek Nauli, Parapat, Provinsi Sumut pada Kamis (22/9/2022).

Mengendarai Citroen C3 R5, pereli dari tim Jagonya Ayam, Sean dan co-driver, Hugo Gamalhaes mencatatkan waktu 01:19,0 di shakedown putaran pertama dan 01:17,2 putaran kedua.

Melihat antusiasme penonton dan peserta, Cleck of the Course (COC) Danau Toba Rally, Elwin Siregar, mengaku puas. Diakuinya, shakedown berjalan dengan baik, hampir semua peserta yang diundang ikut hadir.

"Animo masyarakat dan media juga sangat besar. Sean Gelael menjadi yang tercepat di lintasan berjarak 2,08 kilometer," kata Elwin.

Chief Steward, Poedio Bintoro, juga mengaku puas dengan segala persiapan yang dilakukan panitia, sehingga semua berjalan lancar tanpa kendala.

"Persiapan semuanya sudah baik, karena yang bulan lalu kita sudah ada (reli nasional) putaran pertama, jadi semua panitianya menjalankan persis seperti yang lalu," kata Poedio.

"Bedanya sekarang ada tambahan satu SS (special stage). Segala persiapan telah matang," sambung Poedio, juara Reli Nasional tahun 1980 dan 1981 yang mendampingi driver Chepot Hanny Wiano.

Pereli H Putra Rizky dan co-driver H Rizky Fauzi dari LFN Sederhana Racing Team menempati posisi tercepat kedua dengan catatan waktu 01:20,3.

Sedangkan Rifat Sungkar dan juara Reli Nasional putaran satu, Ryan Nirwan, menempati posisi ketiga dan keempat dengan catatan waktu tercepat 01:22,4 dan 01:24,4.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

65 Pereli Adu Cepat di APRC 2022

Sebanyak 65 pereli dari beberapa negara Asia ikut meramaikan ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Dari 65 pereli tersebut, ada dari Malaysia, Karamjit Singh, yang ikut adu cepat merasakan trek unik reli di Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, kawasan Danau Toba.

Saat sesi shakedown atau pemanasan, Karamjit Singh bersama navigator, Jagdev Singh, melakukan tes balap dengan mobilnya Proton Gen2. Karamjit bertanding di Kelas M3.

"APRC kali ini diikuti Karamjit Singh dari Malaysia. Kemudian ada navigator juga dari Malaysia," kata Ketua IMI Sumut, Harun Nasution.

Tak hanya dari Malaysia, navigator lainnya juga ada yang berasal dari Portugal, yaitu navigator pembalap Sean Gelael. Ada juga peserta yang navigator dari Lebanon, yaitu navigator Ricardo Gelael.

"Juga navigator dari Australia, Benjamin Searcy, yang merupakan navigator Rifat Sungkar," sebut Harun.

3 dari 4 halaman

Adu Cepat di Beberapa Kelas

Diterangkan Harun, 65 pereli ini akan adu cepat di beberapa kelas. APRC kali ini ada kelas M1, M2, M3, J2, F3, J1, F2, dan R3. Acara pembukaan dilakukan Jumat, 23 September 2022.

"APRC ini melewati 12 special stage atau SS," tetangnya.

Adapun 12 SS itu terdiri dari SS (1) Negeri Dolok 8,19 kilometer, SS (2) Huta Tonga 16,67 kilometer, SS (3) Aek Nauli 7,49 kilometer, SS (4) Gorbus 20,2 kilometer, SS (5) Negeri Dolok 8,19 kilometer, SS (6) Huta Tonga 16,67 kilometer, dan SS (7) Gorbus 20,2 kilometer.

Pada hari terakhir, Minggu, 25 Eptembet 2022, akan menyelesaikan SS (9) Negeri Dolok Reverse 7,94 kilometer, SS (10) Huta Tonga Reverse 7,94 kilometer, SS (11) Gorbus Reverse 20,36 kilometer, dan SS (12) Aek Nauli Reverse 7,67 kilometer.

4 dari 4 halaman

Musa Rajekshah Tunggani Skoda Fabia

Salah satu pereli yang adu cepar pada APRC 2022 adalah Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah. Menunggangi Skoda Fabia, Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah akan berlaga di Kelas M1.

Di Kelas M1, Musa Rajekshah akan berlaga dengan para pereli Asia lainnya, di antaranya Sean Galael dengan membawa navigator dari Portugal, Hugo Magalhaes. Kemudian juara Kejurnas Rally 2022, Ryan Nirwan. Ada juga Rifat Sungkar yang membawa navigator dari Australia, Benjamin Searcy, dan sejumlah pereli lain.

Musa Rajekshah mengaku sudah siap untuk bertanding dan meramaikan APRC 2022. Kesiapan Ijeck ini terlihat dengan melakukan survei rute lebih dahulu di Aek Nauli, Simalungun, sebelum dilakukannya shakedown.

"Sudah cek rute dan lebih siap untuk bertanding di APRC," ucapnya.

Skoda Fabia berwarna kuning dengan tulisan Blablabla Motorsport yang dipakai Musa Rajekshah pada APRC 2022 merupakan mobil buatan Republik Ceko yang ke-3. Dalam APRC 2022, Skoda Fabia juga dipakai pereli H Putra Rizky dan H Atuy Faturahman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS