Sukses

Bisnis dari Nol di Media Sosial

Perkembangan dunia digital dan media sosial yang sangat pesat membuat berbagai sektor berkembang termasuk bisnis atau usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi memicu terbentuknya era digital yang membawa perubahan signifikan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar. Tujuannya untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai tanggal 24 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

Pengguna internet di Indonesia pada 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia mencapai 61.8 persen dari total populasi Indonesia.

Perkembangan dunia digital dan media sosial yang sangat pesat turut serta membuat berbagai sektor berkembang termasuk bisnis atau usaha. Perkembangan bisnis di dunia digital atau yang disebut dengan ekonomi digital membuat berbagai kalangan sadar akan hal itu memanfaatkan kegiatan jual beli yang selama ini dilakukan secara offline, beralih ke media online atau yang biasa disebut E-Commerce.

Dengan berbisnis di dunia digital kita bisa melakukan penjualan berbagai produk hanya dengan berdiam diri di rumah, produk bisa di jual ke mana saja, tidak perlu mengeluarkan uang untuk pemasangan iklan dan tentunya mudah menjalin komunikasi dengan pembeli.

Oleh karena itu generasi muda sebagai pengguna media sosial diharapkan menjadi ujung tombak dalam penggerak ekonomi dan bisnis digital bangsa. Jadi bagaimana peluang dan cara untuk memulai bisnis di dunia dari nol?

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan digital skill masyarakat. Webinar kali ini dengan tema ‘Pemuda Penggerak Ekonomi Digital Bangsa’ akan dilaksanakan Senin, 12 September 2022 pukul 14.00 – 16.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang.

Muhammad Miqdad Nizam ketua bidang pengembangan ekonomi digital dan UMKM akan menjadi pembicara utama, selanjutnya ada Muhammad Mikail Karinov Head of Operations Meraki Kreasi Bangsa dan ada Fadoli Influencer pegiat ekonomi digital.

Dengan adanya kegiatan webinar ini diharapkan masyarakat dapat semakin cakap bermedia digital agar bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan potensi diri dan menciptakan dunia digital yang Aman, Etis dan Berbudaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.