Sukses

Tips Hemat Memilih Suvenir untuk Pesta Pernikahan

Suvenir pernikahan adalah bentuk ucapan terima kasih dari kedua mempelai atas kehadiran para tamu di hari istimewanya.

Liputan6.com, Jakarta - Hari pernikahan adalah momen yang spesial dalam hidup seseorang. Segala detail pernikahan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari pakaian pengantin, riasan, dekorasi, katering hingga suvenir. 

Suvenir pernikahan adalah bentuk ucapan terima kasih dari kedua mempelai atas kehadiran para tamu di hari istimewanya. Sebagai calon mempelai, Anda tentu ingin memberikan suvenir pernikahan yang terbaik dan berkesan kepada tamu undangan. 

Meski terkesan mudah, ternyata memilih suvenir pernikahan sering kali membuat bingung. Tidak perlu bingung, simak tips memilih suvenir pernikahan unik dan murah berikut ini!

Sesuaikan Jumlah Tamu Undangan

Jangan sampai anggaran jebol hanya untuk mempersiapkan suvenir pernikahan. Untuk menghindari hal itu, hitung dengan cermat jumlah tamu undangan Anda. 

Siapkan budget khusus untuk suvenir berdasarkan jumlah tamu undangan. Jika keuangan sudah terencana, Anda akan lebih mudah menentukan jenis souvenir yang dipilih. 

Pilih jenis suvenir yang masuk dalam perhitungan Anda. Sebaiknya pilih souvenir yang murah, namun tidak murahan. 

Bermanfaat

Suvenir yang baik tentu tidak hanya berakhir sebagai pajangan, tapi juga bermanfaat. Pilihlah suvenir yang membawa manfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Suvernir bermanfaat tidak selalu harus mahal. Tidak perlu memikirkan hal rumit, ide suvenir yang berkesan dan bermanfaat bisa jadi ada disekitar Anda. 

Jadi, tips memilih suvenir pernikahan unik dan murah adalah dengan berpikir sederhana. Pikirkan benda di sekitar Anda yang ukurannya tidak terlalu besar agar mudah dibawa dan bisa digunakan. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Suvenir dengan Konsep Tertentu

Jika pernikahan Anda memiliki konsep atau tema tertentu, maka menentukan suvenir lebih mudah. Tips memilih suvenir pernikahan unik dan murah yaitu sesuaikan dengan tema pernikahan. 

Selain konsep pernikahan, Anda juga bisa menentukan jenis suvenir yang cocok berdasarkan hobi atau profesi Anda dan pasangan.

Misalnya, jika Anda atau pasangan punya usaha kafe, Anda bisa memberikan suvernir berupa biji kopi atau bubuk matcha. 

Jika Anda atau pasangan suka berkebun, Anda bisa memberikan suvenir berupa biji tanaman atau bibit tanaman yang mungil.

Kemasan Rapi dan Cantik

Kemasan suvenir yang rapi dan cantik bisa memberikan kesan elegan dan unik. Selain itu, pengemasan suvenir yang cantik membuat suatu souvenir tampak naik kelas. 

Tamu undangan tidak akan memikirkan berapa harga suvenir Anda jika Anda berhasil mengemasnya dengan cantik. 

Beri Kartu Ucapan

Membuat suvenir dalam bentuk custom akan memerlukan biaya lebih banyak. Untuk Anda yang ingin menghemat dana, bisa memilih untuk menggunakan kartu ucapan saja. 

Selipkan kartu mungil dengan desain yang cantik pada kemasan souvenir pernikahan Anda. Hal ini akan membuat suvenir pernikahan lebih berkesan. 

Memilih souvernir pernikahan yang pas memang tidak mudah. Semoga setelah membaca tips memilih souvenir pernikahan unik dan murah ini, Anda mulai menemukan ide untuk suvenir pernikahan Anda. 

Suvenir yang baik tentunya akan membuat para tamu undangan merasa senang ketika menerimanya.

Diskusi dengan Pasangan

Jika Anda masih bingung, ajak pasangan Anda berdisuksi tentang hal ini. Jangan ragu untuk meminta saran dari keluarga atau sahabat Anda tentang ide souvenir yang cocok untuk melengkapi hari pernikahan Anda. 

Satu lagi, sebaiknya souvenir pernikahan dipilih dari jauh-jauh hari supaya bisa mendapatkan pilihan yang paling pas dengan keinginan dan budget Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.