Sukses

Makna Bendera Merah Putih Raksasa yang Dikibarkan TNI AL di Laut Mamuju

Liputan6.com, Mamuju - Lanal Mamuju kibarkan bendera merah putih raksasa di atas permukaan laut dalam rangka memperingati HUT RI ke-77. Sebanyak 77 orang personil dilibatkan dalam pengibaran bendera berukuran 20x11 meter yang baru pertama kali dilakukan di Sulawesi Barat itu.

Dengan menggunakan KAL Manakarra bendera raksasa itu dibawa ke Pulau Karampuang yang berjarak 2 kilometer meter dari pantai Mamuju. Sebanyak 20 personil yang terdiri dari prajurit TNI AL dan penyelam tersertifikasi menarik bendera itu ke bibir pantai yang sudah dinanti oleh sejumlah pejabat dan ribuan masyarakat.

Danlanal Mamuju, Letkol Marinir Antonius Temmy Irawan mengatakan, pengibaran bendera itu merupakan bentuk perjuangan TNI AL untuk memeriahkan HUT RI ke-77. Pengibaran ini juga dia maknai untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa bangga kepada para pejuang.

"Kita ingin menumbuhkan semangat perjuangan, kita tau dan kita sadar bahwa pahlawan-pahlawan kita itu sudah bekerja dengan keras dan penuh pengorbanan dalam memperjuangkan kemerdekaan negara ini," kata Temmy kepada wartawan, Sabtu (13/08/22).

Sedangkan, Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik sangat mengapresiasi pengibaran bendera yang dilakukan Lanal Mamuju. Menurutnya, pengibaran Sang Saka Merah Putih di atas laut itu merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat di provinsi ke-33 itu.

"Kita bangga, dan kita sekali lagi berharap acara ini akan kembali menggugah rasa kebangsaan kita, menggugah rasa nasionalisme kita. Bahwasanya Indonesia itu hadir untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Akmal.

Akmal juga meminta, kepada seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan pengibaran bendera itu agar memaknai HUT RI ke-77 bukan hanya sekedar acara seremonial semata. Namun, sebagai langkah awal untuk berbuat yang lebih baik bagi bangsa ini.

"Untuk itu saya minta kepada seluruh masyarakat, jajaran dan juga OPD sekali lagi, mari kita maknai acara ini sebagai langkah awal untuk kita berbuat baik untuk negeri, Sulbar dan masyarakat," tutup Akmal.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS