Sukses

6 Persiapan Jelang Mendaki Gunung yang Wajib Kamu Perhatikan

Liputan6.com, Bandung - Mendaki gunung termasuk ke dalam kegiatan yang cukup ekstrem atau mempunyai risiko yang tinggi dan tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Hal itu dikarenakan mendaki gunung merupakan kegiatan alam yang menguras tenaga sangat besar.

Tentunya bagi para pecinta alam pemula, harus mempersiapkan diri dan mengetahui apa saja yang harus diperhatikan untuk mendaki gunung yang aman. Hal tersebut dilakukan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita.

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaki gunung, baik itu secara fisik dan barang yang harus dibawanya.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendaki gunung agar aman dari beberapa sumber yang telah dirangkum.

1. Mempersiapkan kondisi tubuh kita

Karena mendaki gunung adalah kegiatan yang sangat menguras fisik, kita harus mengetahui bagaimana fisik dari tubuh kita dan harus mengetahui kondisi tubuh apakah mampu untuk melakukan pendakian.

Tidak hanya itu, sebelum mendaki gunung pastikan kamu rajin berolahraga dengan rutin dan dalam kondisi yang prima, terutama dalam melakukan pendakian ke puncak gunung, tidak hanya mendaki kamu juga harus memastikan apakah kamu kuat dengan berbagai cuaca yang akan kamu rasakan di alam nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

2. Mencari tahu karakteristik dari lokasi pendakian

Sebelum kamu siap untuk mendaki, sebelumnya kamu harus mengetahui bagaimana karakteristik serta kondisi dari gunung yang akan kamu daki, seperti medan jalannya dan tingkat kesulitannya harus kamu cari tahu sebelumnya.

3. Persiapkan peralatan mendaki

Hal penting yang ketiga adalah peralatan yang harus kamu gunakan saat mendaki karena keamanan adalah kunci utama ketika berada di alam, yang harus kamu perhatikan dan bawa adalah tas khusus mendaki, tenda, sleeping bag, jaket, sepatu, matras, peralatan masak, sarung tangan, gaiters, pelindung kepala, jas hujan, senter, tali, kacamata, masker, trekking pole, dan survival kit.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Pelajari hal dasar mengenai pendakian gunung

Satu hal yang ini sangat penting terutama untuk para pendaki pemula karena hal-hal dasar dalam pendakian wajib kamu ketahui seperti cara dari melakukan packing peralatan, penggunaan dari perlengkapan yang akan dibawa, hingga mengetahui apa dan bagaimana etika dalam pendakian.

5. Mempertimbangkan kondisi cuaca

Cuaca alam terutama dalam hutan dan pegunungan sangat lah berbeda dengan apa yang kita lihat sehari-hari, dan hal tersebut menjadi poin yang harus kamu perhatikan karena jika cuaca tidak baik untuk mendaki maka kamu harus berpikir dan mempertimbangkan kembali untuk mendaki atau tidak.

6. Mendakilah dengan pendaki yang sudah berpengalaman

Jika kamu masih pemula dalam mendaki, disarankan untuk mendaki dengan orang yang jauh lebih berpengalaman karena kamu tidak tahu apa yang harus benar-benar diperhatikan sekali pada saat mendaki. Dengan adanya dampingan dari yang jauh berpengalaman tidak hanya melindungi kamu namun juga membuat kamu belajar juga pada saat pendakian, dan juga pastikan untuk mendaki secara rombongan dan jangan sampai jauh dari rombongan pendakian tersebut.

 

Penulis: Natasa K

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS