Sukses

Danau Toba Kejurnas Rally 2022 Sukses, Sumut Lulus Tuan Rumah APRC Bulan Depan

Liputan6.com, Parapat Danau Toba Kejurnas Rally 2022 sukses digelar. Dengan suksesnya kejurnas ini, Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan lulus menjadi tuan rumah Asian Pasific Rally Championship (APRC) pada 23-25 September 2022 mendatang.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah saat memberikan sambutan pada penutupan Danau Toba Kejurnas Rally 2022 yang digelar di Parapat, Simalungun, Sumut, Minggu (7/8/2022).

"Kita masuk acara lebih bergengsi lagi, sudah bisa tingkat Asia. Ini tidak mudah. Semuanya dilihat saat Kejurnas ini. Kita dinyatakan lulus dan ikut APRC. Sebelumnya kita hanya kandidat," kata Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Berjalan lancarnya Danau Toba Kejurnas Rally 2022, Musa Rajekshah mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak. "Ini titik awal kita untuk menjadi kejuaraan reli dunia," ujarnya.

Ijeck juga mengatakan, reli ini bisa menyatukan semua golongan dan tingkatan. Melalui olahraga, maka menjunjung tinggi sportifitas. Tidak kenal warnanya apa dan berasal dari mana.

"Kesuksesan reli ini karena semuanya. Masyarakat yang mendukung, panitia yakni dari IMI dan seluruh jajaran lainnya, termasuk TNI dan Polri ikut mengamankan berlangsungnya reli," ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pereli Dunia Akan Hadir

Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution mengatakan, pada APRC mendatang, sejumlah pereli dunia sudah beberapa yang konfirmasi akan hadir, yakni pereli dunia dari India dan pereli dunia dari Jepang.

"Kita akan tambah treknya nanti. Kita buat lebih panjang agar masyarakat dari berbagai daerah tetap bisa melihat," sebutnya.

Dalam acara Danau Toba Kejurnas Rally 2022 ini, juara kategori M1 diraih Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia. Kategori M2 diraih Bintang Bartean dari BRM Motorsport.

Kemudian juara M3, Benny Lautan dari RFT Motorsport. Kategori F1 yakni Sunny Boy, F2 yakni Andrew Hutabarat, F3 yakni Yoseph Suryanto. Kategori R3 yakni Ronny JS dan terakhir kategori J2 Achmad Aldio Oekon.

3 dari 4 halaman

Ijeck Perbaiki Posisi

Sebelumnya, pada hari terakhir gelaran Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, yang turut jadi peserta berhasil menyelesaikan tiga Spesial Stage (SS) terakhir dengan hasil memuaskan.

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah didampingi co-driver Hervian Soejono dengan Subaru WRX dari Blablabla Motorsport menjadi yang tercepat di SS7 dan SS9. Sementara di SS8 Ijeck tercepat kedua setelah pereli Kalimantan Timur, Ryan Nirwan, yang sebelumnya tampil jadi yang tercepat di hari pertama.

Keberhasilan ini memperbaiki posisi Ijeck yang sehari sebelumnya alami trouble di SS4 dan tiak bisa lanjut di SS 5 dan 6. "Saya hari ini mobil tidak ada trouble 3SS dilalui dan waktunya lumayan baik. Tapi, di hari pertama ada trouble di SS4 yang menyebabkan tak bisa lanjut ke SS5 dan 6 mngakibatkan penalti waktu banyak," katanya.

Secara keseluruhan (provisional overall) Ijeck masuk 10 besar di urutan kesembilan dengan catatan waktu overall 2:16:29.2. Sementara untuk kelas M2, Ijeck masuk peringkat keenam menyusul Rudi SL dari DMO Garage dengan catatan waktu overall 2:09:24.5.

4 dari 4 halaman

Trek Favorit

Ijeck mengaku senang dan bersiap ikut di APRC yang akan dilaksanakan bulan depan. Ia pun belum dapat memastikan apakah akan tetap menggeber Subaru WRX atau unit baru.

"Kita lihat dulu, bila memungkinkan nanti kita ganti," ujar Ijeck yang dijuluki Sang Flamboyan ini.

Soal trek favorit, Ijeck sebenarnya menyukai semua tantangan dari seluruh SS. Namun dia menyebut daerah Huta Tonga jadi yang spesial.

"Hampir semua trek saya senang, tapi saya suka di Huta Tonga. Pasti semua peserta senang untuk rally di Danau Toba ini. Saat mau start kita menunggu dengan udara yang bagus, saat touring view Danau Toba yang terlihat," ujarnya sembari mengapresiasi IMI Sumut yang menyiapkan trek sebaik mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.