Sukses

Danau Toba Kejurnas Rally 2022 Bukti Indonesia Aman untuk Pelaksanaan Event Dunia

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengajak seluruh masyarakat ikut membuktikan Indonesia, khususnya Sumut aman menjadi tuan rumah pelaksanaan event bertaraf nasional, asia, bahkan dunia.

Liputan6.com, Parapat Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengajak seluruh masyarakat ikut membuktikan Indonesia, khususnya Sumut aman menjadi tuan rumah pelaksanaan event bertaraf nasional, asia, bahkan dunia.

Hal itu disampaikan Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, saat membuka Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Terminal Sosor Saba, Parapat, Jumat, 5 Agustus 2022. Ijeck juga mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan mendorong dan mendukung event sport tourism untuk terus ada.

"Hari ini kejuaraan nasional. Insya Allah kita akan gelar kejuaraan dunia rally di area Danau Toba ini juga. Kita punya kesempatan menghadirkan APRC pada 23 sampai 25 September 2022, dan mengembalikan WRC di tahun depan," katanya.

Disebutkan Musa Rajekshah, event bertaraf dunia bukan hanya terbatas untuk promosi pariwisata Danau Toba saja, tapi juga promosi Indonesia secara keseluruhan. Sekaligus membuktikan event-event dunia aman dilaksanakan di Indonesia, khususnya di Sumut.

"Ini jadi promosi yang tidak perlu dana besar, tapi efeknya besar ke negara-negara lain. Kawan-kawan media internasional datang meliput, keindahan Danau Toba diketahui oleh banyak orang," sebutnya.

Ijeck juga mengatakan, promosi ini akan menggerakkan ekonomi sehingga harus didukung semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dan Forkopimda Simalungun.

"Kami harap Pemkab Simalungun dan seluruh perangkat daerah bisa mendukung kawan-kawan IMI untuk kegiatan APRC dan WRC mendatang karena efeknya untuk ekonomi kita," ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukung Sport Tourism

Dewan Pembina PP IMI, Nanan Soekarna mengatakan, gelaran Danau Toba Kejurnas Rally 2022 mendukung sport tourism, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

"Prestasi oke, tapi yang penting dalam perlombaan ini adalah persaudaraan dan enjoy. Acara ini mendukung sport tourism, pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebanyak 46 kendaraan memiliki tukang las, montir, tukang ca,t dan lain-lain. Ini termasuk ekonomi kreatif," sebutnya.

Hadir dalam pembukaan Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution, Sekda Kabupaten Simalungun, Esron Sinaga, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi.

3 dari 4 halaman

Trek Lebih Menantang

Panitia Penyelenggara Danau Toba Kejurnas Rally 2022 mengubah trek yang biasa digunakan di Danau Toba Rally 2021 lalu dengan melebarkan trrk ke Huta Tonga.

Wagub Sumut, Musa Rajekshah, yang juga peserta Danau Toba Kejurnas Rally 2022 mengaku trek ini sangat menantang.

Dengan menunggangi Subaru WRX, Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah berusaha maksimal dalam pertandingan yang mulai berlangsung di Tanaman Industri TPL, Sektor Nauli, pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

"Tahun ini treknya lebih menantang," ujar Ijeck saat temu pers di Terminal Sosor Saba, Parapat, Jumat, 5 Agustus 2022.

Pereli berjuluk Sang Flamboyan ini mengaku sudah mempersiapkan diri untuk ikut bersaing dengan 45 pereli lainnya, termasuk putranya Musa Arjianshah.

"Treknya semakin menantang. Karakter lintasan di Huta Tonga dan Gorbus cukup berbeda, baik itu tanjakan dan turunan serta karakter tanahnya," ucap Ijeck.

4 dari 4 halaman

Sensasi Trek Baru

Musa Rajekshah menilai, perubahan trek ini agar peserta tidak merasa monoton, dan tak menguntungkan peserta yang sudah pernah ikut dan melalui lintasan di TPL.

"Jadi gak hanya menguntungkan peserta yang sudah pernah ikut. Semua sama-sama merasakan trek baru," ujarnya.

Diakui Ijeck, dalam balapan kali ini berusaha menjadi yang terbaik. “Harapannya bisa jadi yang terbaik. Pereli Sumut paling tidak masuk 5 besar ataupun target tiga besar," sebutnya.

Hal sama juga disampaikan Musa Arjianshah, putra sulung Ijeck. Ia mengaku tak mau kalah dengan para seniornya untuk unjuk gigi di Danau Toba Kejurnas Rally 2022, termasuk bersaing melawan sang ayah dengan menggeber Ford Fiesta R2 bersama navigatornya Uche.

"Sparepart sudah matang. Persiapan sudah oke. Target pasti juara 1," ungkapnya.

Juara Sprint Rally seri 1 dan 2, Ryan Nirwan, juga siap bersaing. Walaupun pereli Toyota Gazoo Racing itu masih memelajari kondisi mobil Toyota Yaris GR AP4 yang baru dipakainya tahun ini.

"Pastinya kita target yang terbaik. Walaupun kita tahu ada parajagoan reli. Bakal ketat tapi kita akan berusaha semaksimal mungkin," ucapnya.

Pimpinan Perlombaan ,Ahmad Syauki mengaku, trek diubah agar jumlah total jarak memenuhi persyaratan untuk gelaran APRC.

"Trek dilebarkan ke Huta Tonga yang pernah dipakai di WRC 1996-1997, dan ini kita ubah juga sekaligus untuk memenuhi syarat helaran APRC," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.