Sukses

Siap-siap Gas Pol, Puluhan Pereli Adu Cepat di Danau Toba Kejurnas Rally 2022

Pemeriksaan kendaraan secara lengkap atau disebut scrutineering di ajang Danau Toba Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 telah selesai dilakukan. Seluruh peserta, termasuk kendaraan Wakil Gubernur Sumut (Wagub Sumut) Musa Rajekshah, dinyatakan lolos.

Liputan6.com, Parapat Pemeriksaan kendaraan secara lengkap atau disebut scrutineering di ajang Danau Toba Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022 telah selesai dilakukan. Seluruh peserta, termasuk kendaraan Wakil Gubernur Sumut (Wagub Sumut) Musa Rajekshah, dinyatakan lolos.

Scrutineer Marman menyampaikan hal itu di Scrutineering Area, Terminal Sosor Saba, Parapat, Kamis, 4 Agustus 2022. Dikatakannya, scrutineering merupakan tahapan awal dalam gelaran rally yang wajib dilakukan pereli karena menyangkut kelayakan dan keamanan.

"Sebelum mengikuti perlombaan, ini jadi awal penentu kendaraan bisa main atau tidak. Kita cek seluruhnya, mulai surat kendaraan, standar keamanan, baik helm, roll bar, bucket seat, seat belt, harus disesuaikan dengan standar atau regulasi FIA," katanya.

Disebutkan Marman, tidak ada kendala selama pengecekan berlangsung. Seluruh peserta Danau Toba Kejurnas Rally dinyatakan lolos, termasuk kendaraan yang digunakan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, arau akrab disamapa Ijeck.

"Kendala tidak ada. Semua, sebanyak 46 pereli kita pastikan bisa mengikuti perlombaan, termasuk Bang Ijeck," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nomor Pembalap

Salah satu Marshall, Teuku Faisal menerangkan, sebelum masuk ke pengecekan mesin, panitia scrutineering di bagian seal atau marking telah ditempelkan stiker, nomor pembalap, dan lainnya.

Setelah ditempel stiker iklan dan tanda peserta, kendaraan dibawa ke pengecekan mesin dan kelengkapan.

"Setelah semua oke, mendapatkan tanda lulus berupa stiker," ujarnya.

Tidak hanya sebelum bertanding. Saat dinyatakan berhasil di finish pada ajang Danau Toba Kejurnas Rally ini, nantinya seluruh pemenang harus melalui pemeriksaan teknis kembali atas kendaraannya.

"Kalau terdapat perubahan atau tidak sesuai dengan standar seperti di awal pemeriksaan, hasilnya bisa dibatalkan," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Sesi Shakedown

Setelah melalui area scutteering, seluruh peserta melanjutkan sesi shakedown. Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, ditemani navigator Hervian Soejono berhasil menjadi yang tercepat kedua 4 menit 20,1 detik.

Di posisi pertama pada sesi shakedown Danau Toba Kejurnas Rally ini ada Ryan Nirwan dengan catatan waktu 3 menit 54,7 detik, dan Bimo Pradikto dengan catatan 4 menit 26,9 detik di posisi ketiga. Hasil shakedown diumumkan panitia setelah seluruh peserta selesai.

"Secara teknis, keseluruhan shakedown berjalan lancar dan tepat waktu," sebut Deputy I, Elwin Siregar.

4 dari 4 halaman

Pereli dari Berbagai Daerah

Tercatat ada 46 peserta yang akan adu cepat pada ajang Danau Toba Kejurnas Rally ini. Para pereli tersebut berasal dari berbagai daerah, seperti DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sumut, dan Sulawesi Selatan.

Para pereli akan menempuh jarak total sepanjang 333,86 Kilometer (Km) yang terbagi dalam 9 Special Stage (SS) di arena balapan yang berada di Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.