Sukses

Saat Wamen LHK Bercengkerama dengan Kawanan Hiu Paus nan Manja di Gorontalo

Keramahan hiu tersebut membuat Alue Dohong ingin berlama-lama menyapa mereka.

Liputan6.com, Gorontalo - Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong seketika terkesima dengan kawanan hiu paus yang ada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone.

Menurutnya, baru kali itu dirinya melihat dan berinteraksi langsung dengan kawanan hiu paus Gorontalo. Keramahan hiu tersebut membuat Alue Dohong ingin berlama-lama menyapa mereka.

"Nanti ini saya menyapa langsung hiu paus, kemarin baru dengar saja sama teman-teman. Ternyata betul memang hiunya jinak," kata Alue Dohong.

"Ini merupakan kekayaan alam yang patut kita jaga bersama," tuturnya.

Tidak hanya sekedar menyapa, dirinya juga menyempatkan diri memberi makan hiu dengan nama latin Rhincodon typus itu. Ikan raksasa tersebut diberi makan sisa kepala udang kecil.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kelestarian Alam

Meski begitu, Alue meminta agar pengelola wisata terus menjaga kebersihan lokasi. Sebab, betah tidaknya hiu paus di lokasi itu tergantung kebersihan.

Selain itu, saat ini di Indonesia sangat jarang sekali bisa menemukan wisata seperti ini. kalaupun ada, pasti ikannya tidak sejinak seperti ada yang di Bonebol saat ini.

"Kebersihan harus dijaga, terutama kebersihan sampah," tuturnya.

"Jika wisata ini dijaga, maka keberadaan habitat mereka akan lama dan perputaran ekonomi di tempat ini akan bertahan," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.