Sukses

Upaya Bank Indonesia Balikpapan Edukasi Pelajar Cinta Rupiah

Bank Indonesia Balikpapan menggelar Opening Day Sekolah Peduli Rupiah tahun 2022. Kegiatan ini diikuti 800 pelajar dari Kota Balikpapan, Kabupaten PPU dan Paser.

Liputan6.com, Balikpapan - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar Opening Day Sekolah Peduli Rupiah tahun 2022 secara virtual. Acara ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Kota Balikpapan, Doortje Marpaung dan dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Mahdi Abdillah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, serta diikuti oleh lebih dari 800 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat yang berada di Kota Balikpapan, PPU dan Paser.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, R Bambang Setyo Pambudi mengatakan, program Sekolah Peduli Rupiah merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Balikpapan sejak tahun 2018.

"Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengomunikasikan kebijakan Bank Indonesia serta memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pelajar terkait Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah melalui edukasi dan kompetisi," terang Bambang, pada Minggu (17/7/2022).

Kegiatan Sekolah Peduli Rupiah tahun ini mengangkat tema "Pelajar Cinta, Bangga, Paham Rupiah" dengan cakupan peserta meliputi siswa SD, SMP dan SMA/Sederajat di Kota Balikpapan, Kabupaten Paser dan PPU. SPR tahun ini akan dilaksanakan secara hybrid melalui pembukaan secara daring, roadshow ke sekolah secara luring dan penutupan yang juga akan dilaksanakan secara luring.

"Kami harap kegiatan ini dapat meningkatkan edukasi dan pemahaman pelajar terkait CBP Rupiah serta meningkatkan kreativitas, sportivitas dan jiwa kompetisi melalui rangkaian lomba-lomba yang dilaksanakan dalam SPR," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Rasa Cinta dan Bangga terhadap Rupiah

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kota Balikpapan, Doortje Marpaung menyambut baik upaya dan konsistensi Bank Indonesia Balikpapan dalam menanamkan rasa cinta, bangga, dan paham terhadap mata uang rupiah melalui kegiatan SPR.

"Dengan mengikuti kegiatan ini pelajar diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap rupiah sebagai salah satu alat pemersatu dan identitas bangsa, sehingga para pelajar juga dapat menjadi agen yang mensosialisasikan CBP secara lebih luas kepada lingkungannya," timpal Doortje.

Dalam kegiatan itu juga, Doortje secara resmi membuka program Sekolah Peduli Rupiah tahun 2022 yang rangkaiannya akan dilaksanakan sejak 16 Juli hingga 20 Agustus 2022. Lomba yang akan diselenggarakan untuk siswa SMA/SMK/sederajat antara lain lomba orasi rupiah, lomba madding 3D, lomba penulisan artikel, lomba video kreatif dan lomba dance kreatif. Sementara lomba untuk siswa SMP/sederajat antara lain lomba madding 2D, lomba orasi rupiah, dan lomba poster sedangkan untuk siswa SD/sederajat adalah lomba dongeng rupiah.

Untuk menambah wawasan peserta, disampaikan pula edukasi tentang cinta bangga paham rupiah oleh Ilham Mudari, Asisten Penyelia Perkasan Bank Indonesia Balikpapan.

Dalam paparannya, Ilham menyampaikan bahwa rasa cinta terhadap rupiah dapat dicerminkan melalui mengenali, merawat dan menjaga rupiah, sedangkan bangga terhadap rupiah sebagai simbol kedaulatan, alat pembayaran yang sah, dan pemersatu bangsa. Perilaku paham rupiah ditunjukkan dalam bertransaksi, berbelanja dan berhemat.

"Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelajar terkait CBP yang juga bermanfaat untuk mengikuti kompetisi-kompetisi SPR ke depannya," pungkasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.