Sukses

Catat Lokasi Uji Coba Pembelian Pertalite Pakai MyPertamina di Jawa Barat

Ada 4 kota kabupaten di Jawa Barat yang akan dilakukan uji coba transaksi pembelian Pertalite dan Solar bagi pengguna kendaraan melalui MyPertamina.

Liputan6.com, Cirebon - Pembelian BBM Pertalite dan Solar di SPBU menggunakan aplikasi MyPertamina mulai memasuki tahap uji coba sebelum berlaku pada 1 Juli 2022.

Termasuk di Provinsi Jawa Barat sejumlah daerah akan diterapkan uji coba cara ini. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan, ada 4 kota kabupaten di Jawa Barat yang akan dilakukan Uji Coba transaksi Pertalite dan Solar bagi pengguna kendaraan roda empat terdaftar.

Empat lokasi tersebut yakni Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis. 

"Daerah tersebut mulai dilakukan pendataan bagi pemilik kendaraan roda empat melalui laman subsiditepat.mypertamina.id sebagai website untuk pendaftaran masyarakat," kata Eko, Rabu (29/6/2022).

Ia menekankan, Pertamina Patra Niaga sebagai operator yang ditunjuk Pemerintah dalam menyalurkan BBM Subsidi. Oleh karena itu, harus mematuhi regulasi yang berlaku. 

Di antaranya memastikan penyaluran Pertalite dan Solar ini tepat sasaran dan tepat kuota. Proses pembayaran bisa dilakukan melalui HP dengan cara scan QR Code pada mesin EDC SPBU Pertamina.

"Perlu diketahui masyarakat, bahwa di 4 kota/kabupaten ini masyarakat tidak perlu khawatir apabila belum mengunduh aplikasi MyPertamina, karena untuk registrasi cukup melakukan pendaftaran di website subsiditepat.mypertamina.id tersebut,” ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Transaksi

Ia pun menerangkan jika kendaraan dan identitas masyarakat sudah terkonfirmasi dan terdaftar. Kemudian pengguna tersebut akan mendapatkan QR Code Unik yang dapat digunakan melalui aplikasi MyPertamina ataupun di print atau simpan di galeri ponsel masing masing.

Kemudian, QR Code tersebut akan dicocokan datanya di SPBU sebelum Pertamina melayani transaksi Pertalite dan Solar.

"Jadi untuk pembayaran pun, masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsi, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non tunai lainnya, tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina," tambah Eko.

Selanjutnya, uji coba di wilayah lain akan dilakukan secara bertahap sembari memastikan kesiapan infrastruktur. 

Selain itu, sistem Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran Pertalite dan Solar subsidi menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.