Sukses

Menanti Keseruan Ratusan Personel dan Petinggi Polda Banten Main Debus

Liputan6.com, Serang - Masyarakat yang ingin menyaksikan anggota Polri bermain debus atau ilmu kekebalan khas Banten dan silat, bisa datang ke Mapolda Banten, Jumat, 1 Juli 2022, pukul 08.00 WIB. Penampilan ratusan personel Polda Banten itu sebagai perayaan HUT ke-76 Bhayangkara.

"Inisiasi Kapolda Banten sebagai penghormatan budaya lokal Banten, pada Hari Bhayangkara ke-76, akan dilangsungkan acara debus dan pencak silat yang pemainnya langsung dari 200 personel Polda Banten," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga, dalam rilisnya, Selasa (28/06/2022).

Puncak perayaan HUT Bhayangkara akan dimulai pukul 08.30 WIB, Jumat, 1 Juli 2022. Polda Banten menyiapkan 200 tempat duduk bagi masyarakat yang akan menyaksikan atraksi khas Banten itu. Dalam sejarahnya, debus berkembang pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanudin Banten pada abad ke-16 atau sekitar tahun 1532-1570, sebagai salah satu cara untuk menyebarkan agama Islam.

Pada zaman Ageng Tirtayasa dari Banten 1651-1692, debus menjadi sebuah alat untuk memompa semangat juang rakyat Banten melawan penjajah Belanda pada masa itu. Kesenian debus saat ini merupakan kombinasi antara seni tari dan suara.

Ada juga yang menyebutkan debus berasal dari daerah Timur Tengah bernama Al-Madad yang diperkenalkan ke daerah Banten ini sebagai salah satu cara menyebarkan ajaran agama Islam pada waktu itu. Lainnya menyebutkan bahwa debus berasal dari tarekat Rifa’iyah Nuruddin al-Raniri yang masuk ke Banten oleh para pengawal Cut Nyak Dien.

"Atraksi ini kalau dilakukan oleh pendekar tampaknya sudah biasa. Kalau dilakukan oleh petinggi dan personel Polda Banten, dijamin pasti lebih menarik," Kombes Pol Shinto mengatakan.

2 dari 2 halaman

Pejabat Polda Banten Mainkan Debus

Nantinya, para petinggi Polda Banten juga akan memainkan atraksi debus yang dianggap berbahaya dan menarik.

Tak hanya atraksi pencak silat dan debus, Polda Banten juga menampilkan paramotor di langit Banten yang dilakukan oleh Kabid Propam Polda Banten, Kombes Pol Yudho Hermanto.

"Welcome flight dan fly pass dengan membawa banner juga smoke bomb akan kami siapkan untuk menambah menarik hiburan rakyat di Polda Banten," kata Kombes Pol Yudhi Hermanto, pemegang lisensi terbang paramotor sejak berpangkat AKP, Selasa (28/06/2022).

 

Simak video pilihan berikut ini: