Sukses

Dibayangi Tragedi GBLA, Gibran Minta Suporter Derbi Jateng di Stadion Manahan Tertib

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka telah melakukan berbagai antisipasi agar kejadian di GBLA saat Persib Vs Persebaya tidak terulang.

Liputan6.com, Solo - Derby Jawa Tengah (Jateng) dalam turnamen pramusim Piala Presiden 2022 bakal mempertemukan Persis Solo vs PSIS Semarang di Stadion Manahan pada Selasa (21/6/2022). Gibran, selaku Wali Kota Solo sudah melakukan serangkaian antisipasi agar kejadian meninggalnya dua Bobotoh tak terulang.

Seperti diketahui, dua suporter bobotoh Persib meninggal usai berdesak-desakan masuk ke dalam Stadion Bandung Lautan Api (GBLA) menonton Piala Presiden 2022 antara Persib Bandung Vs Persebaya, Jumat (17/6/2022) malam. 

Biar kejadian buruk itu tidak terulang di Solo, Gibran Rakabuming Raka pun mengingatkan panpel pertandingan derby Jateng untuk lebih berhati-hati. Ia juga mengimbau kepada para suporter untuk tertib. 

"Saya tidak ingin kasus di Bandung terjadi di Stadion Manahan Solo," kata Gibran, Senin (20/6/2022).

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anjuran Nonton Derbi Jateng via Televisi

Untuk mengantisipasinya, ia pun meminta kepada kepolisian serta pihak terkait untuk lebih berhati-hati. TNI dan Polri sudah memberikan keamanan yang baik. "Nanti biar dibantu Pak Kapolresta dan Pak Dandim juga, hati-hati sekali dalam mengamankan pertandingan," jelasnya. 

Selain soal antisipasi keamanan, Gibran juga mengingatkan agar penjualan tiket berjalan tertib. Jika memang tidak punya tiket, lebih baik menonton pertandingan di televisi (TV) atau streaming saja. "Kita belajar dari kejadian yang ada di Bandung kemarin. Hati-hati sekali. Tidak dapat tiket nonton televisi saja," jelasnya.

Tak dimungkiri, penonton pertandingan derby Jateng ini bakal membludak. Terlebih kedua tim punya basis massa suporter banyak. "Jadi nanti pertandingan (derbi) Jateng harus damai dan tertib," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini