Sukses

Kebahagiaan Jemaah Calon Haji Bisa ke Tanah Suci Kala Pandemi

Sebanyak 356 jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo telah tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jumat (3/6/2022). Mereka akan berangkat menuju Tanah Suci pada tengah malam nanti.

Liputan6.com, Solo - Sebanyak 356 jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo telah tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 3 Juni 2022. Rencananya kloter pertama jemaah calon haji asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah itu akan berangkat ke Tanah Suci pada tengah malam nanti.

Pantauan Liputan6.com, sebanyak sembilan armada bus yang mengangkut jemaah calon haji asal Kabupaten Pati tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali sekitar pukul 07.30 WIB.

Selanjutnya, jemaah calon haji baru turun dari bus sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka langsung berjalan menuju aula Jeddah untuk mengikuti serah terima calon jemaah haji dari panitia daerah kepada panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Solo.

Sebelum masuk ke asrama, para calon jemaah haji itu harus menjalani tes pemerikaan kesehatan oleh petugas medis. Setelah itu, ratusan calon haji itu meninggalkan aula Jeddah menuju asrama Mekkah untuk istirahat.

Salah seorang calon haji kloter pertama, Suratno mengaku sangat senang karena akhirnya bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Padahal, ia tidak mengira bakal berangkat haji pada tahun ini karena pandemi.

"Luar biasa rasanya, bangga banget, bahagia banget setelah sekian tahun menunggu akhirnya terkabul tahun ini. Sangat terharu," kata dia saat ditemui di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jumat (3/5/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak Pandemi

Suratno telah mendaftar haji sejak tahun 2011 silam. Rencananya, ia akan berangkat haji pada 2020 lalu tetapi adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pemerintah meniadakan pelaksanaan ibadah haji selama dua tahun, 2020 dan 2021.

"Harusnya berangkat 2020 kemarin tetapi tertahan karena ada pandemi dan Alhamdulillah sekarang bisa berangkat," ujar dia yang berangkat haji bersama istrinya.

Sementara itu, Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin menjelaskan, kloter pertama Embarkasi Solo yang telah tiba di Asrama Haji Donohudan yakni berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. "Kloter satu dari Pati sebanyak 356 calon haji," dia mengatakan.

 

3 dari 3 halaman

Dilepas Ganjar

Kloter tersebut, Sarip menjelasakan, akan dilepas pemberangkatannya oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Jumat malam nanti. Setelah itu, jemaah calon haji asal Pati itu akan terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo.

"Nanti akan dilepas Pak Ganjar sekitar pukul 21.00 WIB. Kemudian berangkat ke Tanah Suci dari bandara pada pukul 00.30 WIB," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.