Sukses

10 Penulis Lolos Seleksi Ubud Writers and Readers 2022, Siapa Saja?

Kini, cerita pendek tidak lagi didefinisikan sebagai ‘karya yang dibaca sekali duduk’ namun beralih menjadi kisah yang dapat ditengok dan diresapi kapan saja.

Liputan6.com, Denpasar - Terpilihnya 10 penulis dari beberapa daerah di Indonesia menjadi akhir seleksi Emerging Writers (penulis emerging) di ajang Ubud Writers and Readers 2022. Tiga kurator yang terlibat merupakan pengarang ternama Indonesia yaitu Ahmad Fuadi, Ramayda Akmal, dan Made Adnyana Ole.

Kekhasan pada karya tulis menjadi tolak ukur penetapan para pemenang. Cerita pendek menjadi satu hal yang dititikberatkan dalam ajang UWRF tahun ini. Perkembangan cerpen di Indonesia dinilai kian dinamis, selain itu melalui cerpen memungkinkan adanya elaborasi dari segi bentuk dan teknik menulis. Kini, cerita pendek tidak lagi didefinisikan sebagai ‘karya yang dibaca sekali duduk’ namun beralih menjadi kisah yang dapat ditengok dan diresapi kapan saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Submisi Sampai Kurasi

Selama masa submisi pada 1 Februari 2022 hingga 11 Maret 2022, panitia menerima sekitar 1.310 cerpen karya 262 penulis dari seluruh wilayah Indonesia. Tiap-tiap pengarang boleh dikata menyajikan cerita pendek yang sangat beragam, baik dari sisi bentuk, tema, maupun elaborasi estetik lainnya.

Antusiasme ini muncul bukan hanya dari penulis yang telah berkecimpung panjang dalam dunia sastra di Indonesia, melainkan juga nama-nama baru yang tengah mencoba meneguhkan eksistensi kepenulisannya.

Seleksi dilakukan dalam dua tahap demi mencermati banyaknya karya yang masuk tersebut. Tahap pertama yakni pre-kurasi yang memilih 40 penulis nominasi, kedua (kurasi akhir) untuk menentukan 10 penulis terbaik dilaksanakan pada 20 Mei 2022.

"Ini mencerminkan lanskap kepenulisan yang luas dan tidak hanya terpusat di Jawa. Selain itu, tema yang diangkat sangat beragam, dan saya sendiri tertarik dengan mereka yang menggali akar budaya serta memperlihatkan identitas lokal dengan percaya diri," ujar salah satu Kurator Ahmad Fuadi sang penulis buku Negeri 5 Menara.

 

3 dari 3 halaman

10 Penulis Emerging Indonesia 2022

Sepuluh penulis emerging yang terpilih namanya disusun secara alfabetis, antara lain:

1. Andi Makkaraja, asal daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan

2. Awi Chin, asal daerah Sintang, Kalimantan Barat

3. Desy Febrianti (Puspa Seruni), asal daerah Situbondo, Jawa Timur

4. Eko Darmoko, asal daerah Surabaya, Jawa Timur

5. Iin Farliani, asal daerah Mataram, Nusa Tenggara Barat

6. I Putu Juli Sastrawan, asal daerah Klungkung, Bali

7. I Wayan Agus Wiratama, asal daerah Gianyar, Bali

8. Sasti Gotama, asal daerah Malang, Jawa Timur

9. Muhamad Nanda Fauzan, asal daerah Lebak, Banten

10. Ricky A Manik, asal daerah Jambi.

"Meskipun tema digarap secara eksploratif, saya kira banyak cerpen yang tidak diimbangi dari sisi bentuk. Misalnya kurang fokus terhadap masalah yang disampaikan, sudut pandangnya kabur, hingga pilihan strategi literer yang masih terbatas," kata Ramayda Akmal yang belum lama merilis buku kumpulan cerpen terbarunya, Aliansi Monyet Putih.

Dia menyebutkan bahwa ada tiga tema menarik yang patut digarisbawahi, antara lain cerpen-cerpen bertema sejarah, kekerasan terhadap manusia dan alam, dan futuristik-distopik.

Made Adnyana Ole selaku kurator, cerpenis sekaligus penyair dari Bali memiliki beberapa catatan kritis. "Beberapa cerpen telah memenuhi eksperimen kepenulisan baru, namun, di sisi lain masih ditemukan karya yang tidak tidak kuat lantaran persoalan-persoalan teknik penceritaan. Sebagai gagasan bagus tetapi sayang sekali teknik penceritaannya tidak jelas," dia mengatakan.

Direktur dan pendiri Festival, Janet DeNeefe tak sabar menyambut para penulis yang terpilih di Ubud, Bali. "Mereka akan mendapatkan pembekalan dan pelatihan sebelum hadir di festival nanti. Karya - karya para penulis terpilih akan diterbitkan dalam bentuk antologi UWRF 2022. Untuk itu dukungan dari segala pihak akan sangat berpengaruh besar untuk program penulis emerging tahun ini. Selamat kepada penulis-penulis yang terpilih," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.