Sukses

Kini, Jemaah Umrah Bisa Terbang Kembali Lewat Bandara Kualanamu Menuju Tanah Suci

Liputan6.com, Deli Serdang Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) kembali melayani penerbangan langsung ke Arab Saudi untuk jemaah umrah. Kebijakan ini keluar setelah beberapa tahun belakangan sempat ditutup akibat pandemi Covid-19.

Manager Branch Communication & Legal Angkasa Pura II Kualanamu, Chandra Gumilar mengatakan, pada hari ini, Selasa (24/5/2022) pukul 09.30 WIB, jemaah umrah diberangkatkan menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 1112.

"Pesawat yang digunakan mengangkut jemaah umrah jenis Airbus 333. Jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 424," kata Chandra.

Diterangkannya, calon jemaah umrah wajib memenuhi persyaratan dokumen kesehatan yang akan diperiksa petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan wajib memiliki International Certificate Vaccination (ICV) Meningitis.

"Yang tak kalah penting, calon jemaah umrah juga harus memiliki Sertifikat Vaksin Covid-19 dosis II," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Implementasikan Protokol Kesehatan

Disebutkan Chandra, Bandara Kualanamu terus memastikan setiap proses operasional keberangkatan bagi seluruh jemaah umrah berjalan dengan lancar, dan melaksanakan implementasi protokol kesehatan Covid-19.

"Sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi mewujudkan penerbangan yang aman, nyaman, dan sehat bagi seluruh jamaah umrah," sebutnya.

Dengan kembali beroperasinya penerbangan langsung umrah menuju Madinah sangat disambut baik dan positif, baik dari pengguna jasa dan seluruh stakeholder Bandara Kualanamu.

"Terlaksananya kegiatan ini memberikan konektivitas mudah bagi calon jemaah umrah dari Sumut yang akan menunaikan ibadah umrah. Diharapkan ke depan beroperasi dengan lancar," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Sampaikan Rasa Syukur

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, yang melepas keberangkatan jemaah umrah juga melakukan pengecekan langsung di kabin pesawat Lion Air, yang akan membawa jemaah umrah perdana berangkat ke Tanah Suci.

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, menyampaikan rasa syukurnya, karena akhirnya jemaah umrah dari Sumut bisa kembali berangkat langsung ke Tanah Suci anpa transit lagi di Bandara Soekarno Hatta.

"Kalaulah kita sudah bisa berangkat dari Kualanamu, berarti untuk perjalanan ibadah umrah jauh lebih cepat dari sebelumnya melalui Jakarta," ucapnya.

Wagub Sumut berharap keberangkatan para jemaah umrah dimudahkan oleh Allah SWT, serta diberikan kesehatan selama beribadah sampai nantinya kembali lagi ke Tanah Air.

"Semoga doa-doa yang bapak dan ibu panjatkan nantinya di Tanah Suci diijabah oleh Allah SWT," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Pelayanan Terhadap Jemaah Haji

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga berharap, dalam keberangkatan haji beberapa waktu mendatang Bandara Kualanamu bisa melayani jemaah Sumut dengan baik. Termasuk jemaah dari Aceh, Sumbar, dan lainnya.

"Semoga layanan untuk jemaah ini menjadikan suatu layanan yang baik. Semoga Allah melindungi kita semua," Ijeck menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.