Sukses

Menteri Bahlil Sebut Tesla Bakal Investasi Mobil Listrik di Batang Jateng

Menteri Investasi/Kepala BKPM, bahlil Lahadalia menyebut produsen mobil listrik Tesla tahun ini akan melakukan investasi di Indonesia.

Liputan6.com, Solo - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan Tesla akan segera masuk ke Indonesia. Perusahaan milik Elon Musk itu akan melakukan investasi terkait baterai kendaraan listrik dan mobil listrik.

"Alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Bapak Presiden Jokowi kemarin Tesla insyaallah akan masuk ke Indonesia," kata Bahlil saat menghadiri Road to G20: Investment Forum ‘Mendorong Pecepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif’ di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022).

Hanya saja mantan Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia itu belum bisa membocorkan kapan waktu pastinya produsen mobil listrik itu mulai menanamkan investasi di Indonesia. Tetapi ia memastikan bahwa Tesla pada tahun ini akan segera masuk ke Indonesia.

"Kalau ditanya kapan masuknya insyaallah 2022 ini tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggulah karena kita belum tanda tangan kesepakatan," ujarnya.

Selain itu, Bahlil juga belum bersedia untuk menyebutkan nilai investasi yang akan dilakukan Tesla. Meski demikian, ia menyebut bahwa perusahaan mobil listrik miliarder dunia Elon Musk itu akan berinvestasi pada baterai kendaraan listrik dan mobil listrik di Indonesia.

"Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar, yang pertama itu tentang ekosistem baterai mobil listrik dan yang kedua adalah mobilnya. Berapa investasinya masih juga dirahasiakan masih tunggu. Tapi barang ini barang bagus dan barang gede," kata dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi Baterai dan Mobil Listrik

 

Bahlil menyebut rencananya sebagian investasi Tesla di Indonesia akan dilakukan di Batang, Jawa Tengah. Menurut dia, kawasan industri Batang merupakan salah satu kawasan industri terbaik di Indonesia. Selain Tesla, sejumlah perusahaan-perusahaan besar juga akan melakukan investasi di kawasan tersebut.

"Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn, kemudian Tesla pun insyaallah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain. Pabrik kaca sudah masuk ke sana dan konstruksi sudah jalan," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.