Sukses

Keseruan Perayaan Lebaran di Rutan Serang, Narapidana Ditraktir Jajanan Kaki Lima

Liputan6.com, Serang - Pelayanan publik usai Idul Fitri 1443 H di Lapas IIA Serang diperiksa oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto. Tempat penitipan makanan hingga lokasi video call bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk bersilaturahmi dengan keluarganya, diperiksa kelayakannya oleh Tejo.

Dia ingin pelayanan dan pemeriksaan di lokasi penitipan barang berjalan baik, sehingga para WBP tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga.

"Pada kesempatan tersebut, Kakanwil melihat dan mengecek secara langsung proses pelayanan penitipan makanan dan pelaksanaan pelayanan video call bagi para WBP, dalam momen video call tersebut para WBP diberikan kesempatan untuk menghubungi keluarga mereka," kata Kepala Lapas Kelas IIA Serang Heri Kusrita, saat dikonfirmasi melalui pesan elektroniknya, Minggu (8/5/2022).

Pria asal Kabupaten Pandeglang, Banten itu menerangkan, pemeriksaan dilakukan Kepala Kanwil Kemenkumham Banten pada hari Sabtu kemarin, 07 Mei 2022. Heri menerangkan kalau pemeriksaan yang dilakukan oleh Tejo Harwanto untuk memastikan pelayanan dan keamanan di dalam Lapas Kelas IIA Serang berjalan baik.

"Kakanwil menyampaikan bahwa jajaran lapas dan rutan yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten telah menjaga keamanan dan ketertiban dengan sangat baik, selama momen bulan Ramadhan sampai dengan hari raya Idul Fitri," jelasnya.

2 dari 2 halaman

WBP Rutan Serang Ditraktir Jajan

Kemudian, para WBP di Rutan Kelas IIB Serang mendapatkan jajanan kaki lima gratis saat usai Lebaran 2022. Karena di traktir oleh Dody Naksabani, selalu kepala rutan, mereka bebas menyantap makanan yang mungkin sudah mereka rindukan.

Siomai, batagor, bubur kacang hijau, dan sejumlah jajanan pedagang yang biasa mangkal di sekitar Rutan Kelas IIB dibawa masuk. Para WBP langsung menyerbu jajanan itu.

"Ada tukang siomai, batagor, ketoprak, dan bubur kacang ijo, yang memang sedang berjualan di depan rutan kita bawa masuk untuk membagikan makanan tersebut ke WBP secara gratis," kaya Kepala Rutan Kelas IIB Serang, Dody Naksabani, Minggu (8/5/2022).

Dody menerangkan pembagian jajanan dan makanan gratis itu dilakukannya pada Sabtu, 7 Mei 2022. Tak hanya itu, pria berkepala plontos ini juga membuka layanan silaturahmi atau kunjungan daring dengan para keluarga WBP. Sehingga, mereka bisa bermaaf-maafan dengan sanak keluarga melalui layanan video call.

"Saya inisiatif membuka kunjungan online agar mereka bisa komunikasi dengan keluarga mereka. Dan Alhamdulillah mereka bergembira," terangnya.