Sukses

Puncak Arus Balik Lebaran, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Jalinsum Labuhan Batu

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak kembali melakukan peninjauan terkait dengan kesiapan personel maupun rekayasa lalu lintas dalam menghadapi arus balik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Labuhan Batu Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak kembali melakukan peninjauan terkait dengan kesiapan personel maupun rekayasa lalu lintas dalam menghadapi arus balik Lebaran 2022.

Kali ini Kapolda Panca mengecek langsung titik pada saat arus mudik Lebaran terjadi kemacetan panjang, tepatnya di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Labuhan Batu, Sabtu (7/5/2022).

Skema rekayasa lalu lintas one way maupun pengalihan arus sudah diberlakukan di beberapa ruas Jalinsum dengan melihat volume kepadatan kendaraan sejak Kamis, 5 Mei 2022, mulai dari Jalinsum wilayah Timur hingga Barat.

Dalam peninjauannya kali ini, Kapolda Sumut melakukan diskusi bersama personel Polisi Lalu Lintas (Polantas) dan memberikan pengarahan kepada jajaran yang bertugas di lapangan untuk mewujudkan arus balik Lebaran aman dan lancar.

"Diperkirakan hari ini puncak arus balik, tolong dipastikan pelaksanaan rekayasa lalu lintas dengan one way atau pengalihan arus ini berjalan dengan optimal. Ikuti selalu dinamika perkembangan yang ada," ucap Panca.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pantauan Udara

Berdasarkan pantauan udara pada titik yang menjadi kemacetan saat arus mudik, terpantau saat ini lalu lintas arus balik dalam kondisi ramai lancar dan tidak ada kemacetan. Masyarakat yang melintas juga taat dan disiplin mengikuti instruksi serta rambu-rambu yang dipasang petugas.

Personel kepolisian yang bertugas juga terus melakukan penjagaan sepanjang waktu, atau dengan kata lain 1X24 jam penuh. Mereka juga mengarahkan seluruh pengendara yang melintas titik terakhir lajur one way tersebut.

"Ciptakan arus balik yang aman dan lancar, berikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat," ucap Panca.

3 dari 4 halaman

Angka Lakalantas Turun Drastis

Polda Sumut mencatat sejumlah kejadian kecelakaan lalu lintas selama 7 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2022. Tercatat hingga Kamis, 5 Mei 2022, kecelakaan lalu lintas selama 7 hari Operasi Ketupat Toba 2022 sebanyak 18 kejadian di Sumut.

"Kasus kecelakaan lalu lintas ini menurun drastis dibandingkan 2021 sebanyak 52 kejadian," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Kemudian untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 7 orang. Kasus meninggal dunia ini mengalami penurunan dibandingkan 2021 sebanyak 12 orang.

Selanjutnya, kasus luka berat sebanyak 11 perkara juga mengalami penurunan di banding 2021 sebanyak 21 kasus.

"Korban luka ringan karena mengalami kecelakaan lalu lintas sebayak 17 kasus. Data ini mengalami penurunan yang cukup signifikan di banding 2021 sebanyak 47 kasus," terang Hadi.

4 dari 4 halaman

Masyarakat Diimbau Waspada dan Hati-hati

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengimbau masyarakat yang berpergian maupun mudik libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

Polda Sumut selama libur Lebaran telah mendirikan pos pengamanan dan pelayanan antar kabupaten dan kota di Sumut. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Diimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan, apabila mengalami keletihan saat berkendara silakan mendatangi rest area atau posko pelayanan Polda Sumut untuk beristirahat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.