Sukses

Kapolda Sumut Pantau Arus Mudik Pakai Heli, Arus Lalu Lintas H-2 Lebaran Ramai Lancar

Liputan6.com, Medan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memantau langsung situasi terkini arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada Sabtu (30/4/2022).

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas, Kombes Pol HadiWahyudi mengatakan, arus lalu lintas mudik H-2 Hari Raya Idul Fitri terpantau ramai lancar.

"Hal ini diketahui setelah dilakukannya pantauan udara secara langsung menggunakan helikopter," kata Hadi.

Diungkapkan Hadi, dirinya mendampingi langsung Kapolda Sumut. Dikatakannya, arus lalu lintas pada H-2 Lebaran ini mulai dari pintu masuk perbatasan Provinsi Riau menuju Labuhan Batu dan Kota Medan, volume kendaraan cenderung meningkat.

"Di beberapa titik mengalami kepadatan dan kemacetan. Namun, arus lalu lintas dari Riau menuju Medan dan sebaliknya secara umum hasil pemantauan ramai lancar," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 4 halaman

Kepadatan di Beberapa Titik

Disampaikan Hadi, hasil pemantauan pakai helikopter, masih ada sedikit kepadatan di berberapa titik seperti persimpangan, pasar, dan perlintasan kereta api.

"Khusus di beberapa pasar dan persimpangan ada pelambatan, namun arus lalu lintas tetap berjalan," ujarnya.

Pada H-2 Lebaran, di exit Tol Tebing Tinggi dari arah Medan menuju Tebing Tinggi-Siantar-Toba tercatat peningkatan kendaraan sekitar 47 persen dibandingkan angka normal pada hari biasa.

3 dari 4 halaman

Tes Urine Awak Angkutan

Dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022, Tim Direktorat (Dit) Reserse Narkoba Polda Sumut melaksanakan pemeriksaan urine terhadap awak beserta kru angkutan darat, laut, dan udara.

Direktur Res Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Wisnu Adji mengatakan, pemeriksaan urine terhadap awak dan kru angkutan sebagai bentuk upaya mencegah peredaran narkoba.

"Juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat tindak penyalahgunaan narkotika," kata Wisnu.

Saat pemeriksaan angkutan udara, Tim Dit Res Narkoba Polda Sumut melakukan tes urine terhadap awak dan kru pesawat di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

"Para pilot dan pramugari yang mau terbang kita lakukan tes urine. Langkah ini untuk mengantisipasi kecelakaan pesawat akibat pengaruh narkoba," terang Wisnu.

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Pengawasan

Wisnu juga meminta kepada petugas kargo untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengiriman barang serta barang bawaan penumpang.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba saat arus mudik Lebaran," ujarnya.

Diterangkan Wisnu, tujuan dari pelaksanaan kegiatan tes urine terhadap angkutan ini untuk memastikan awak dan kru tidak ada yang mengonsumsi narkotika.

"Ini untuk menjaga keselamatan penumpang dari human eror," tandasnya.