Sukses

Lebaran di Riau 'Dihantui' Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyiagakan satu helikopter tipe Bell Seri 412-EP di Pekanbaru sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat Lebaran Idul Fitri atau sesudahnya.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyiagakan satu helikopter tipe Bell Seri 412-EP di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat Lebaran Idul Fitri atau sesudahnya.

Heli pemadam karhutla Riau ini tiba di Pekanbaru pada Rabu, 27 April 2022. Kedatangannya disambut Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Roesmin Nurjadin, Kalaksa BPBD Riau dan Koordinator Manggala Agni Provinsi Riau.

Direktur Pengendalian Karhutla KLHK Basar Manullang menjelaskan, adanya heli ini sebagai dukungan operasional udara setelah Riau menetapkan status siaga darurat hingga 30 November nanti.

"Penempatan helikopter tersebut sewaktu-waktu dapat dialihkan ke provinsi lain sesuai kebutuhan dan ditetapkan oleh Pimpinan KLHK," kata Basar, Kamis siang, 28 April 2022.

Selain pengendalian, helikopter ini nantinya juga melakukan patroli rutin. Khususnya di daerah rawan kebakaran lahan yang sulit dijangkau oleh tim darat.

Sebelumnya, KLHK bersama pihak terkait juga mengoperasikan Pesawat Casa 212 A-2103 di Riau. Pesawat ini melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mencegah lahan menjadi kering.

"TMC bertujuan membasahi kawasan gambut, mengisi embung, kanal dan kolam retensi untuk menekan potensi karhutla, kemudian mendukung upaya pemadaman oleh tim darat di daerah rawan yang minim pasokan air," terang Basar.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patroli

Di sisi lain, helikopter tipe Bell melakukan operasi perdana pada 28 April 2022. Ada sejumlah wilayah yang dijelajahi, di antaranya Sam-Sam dan Lubuk Umbut (Siak), Bonai (Rokan Hulu), Mumugo (Rokan Hilir), Medang Kampai (Dumai), Tenggayun dan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil (Bengkalis).

Selain heli dan pesawat, KLHK juga sudah mempersiapkan operasi darat agar kebakaran lahan tidak terjadi pada tahun ini. Ada 239 anggota Manggala Agni disiagakan di lima wilayah Riau dan Kepulauan Riau.

Manggala Agni dari KLHK tidak sendiri tapi dibantu juga oleh TNI, Polri, BNPB, BPBD, BMKG, mitra kerja usaha, Masyarakat Peduli Api dan kelompok masyarakat lainnya. Semuanya melaksanakan kerja pengendalian karhutla di Riau.

"Terutama dalam mengantisipasi cuti bersama Lebaran tahun 2022," jelas Basar.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.