Sukses

Jelang May Day 2022, Ditintelkam Polda Sulsel dan Serikat Buruh Buka Puasa Bareng

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Sulsel menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan sejumlah organisasi buruh dan serikat pekerja di MaxOne Hotel Makassar, pada Senin (25/4/2022). 

Selain sebagai ajang bersilaturahmi kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengakomodir keluhan para buruh jelang peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang berlangsung pada 1 Mei 2022 mendatang. 

"Ini adalah buka puasa sekaligus silaturahmi antara Polda Sulsel dan rekan-rekan buruh ini juga menjadi ajang untuk saling kenal antara direktur intelkam dengan teman-teman buruh," kata Direktur Intelkam Polda Sulsel, Kombes Pol Yudi Hermawan di hadapan para buruh, Senin (25/4/2022). 

Yudi pun menyampaikan harapannya kepada para buruh agar nantinya peringatan May Day dapat dikemas dalam kegiatan yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni 

"Saya berharap pada nanti acara besar hari buruh pada tanggal 1 Mei dapat dikemas dalam acara yang lebih positif misalnya ngobrol duduk-duduk minum kopi atau bertukar pikiran karena silaturahmi juga mempererat persaudaraan dan memperpanjangkan umur," kata Yudi. 

2 dari 2 halaman

Harapan Serikat Buruh

Sementara itu, Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Sulsel, Andi Mallanti mengatakan bahwa dalam menyambut May Day, para buruh tetap akan menggelar kegiatan-kegiatan positif sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. 

Andi Mallanti juga mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya meski perayaan May Day berdekatan waktunya dengan perayaan Idulfiti. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan seperti berbagi di panti asuhan, lomba-lomba untuk para buruh, hingga dialog tentang keburuhan. 

"Jadi kegiatan-kegiatan yang kita lakukan adalah bakti sosial, kemudian ada kunjungan ke panti asuhan kemudian kemarin kita ada perlombaan futsal antara serikat buruh Serikat Pekerja di tingkat provinsi Selatan lalu yang terakhir kita dah dialog Ketenagakerjaan," jelasnya. 

Selain itu, Andi Mallanti juga berharap pada perayaan May Day 2022, Polda Sulsel sudah membentuk Desk Ketenagakerjaan sebagaimana yang dibentuk di Polda Metro Jaya untuk menerima laporan dan aspirasi para buruh yang ada di wilayah Sulawesi Selatan. 

"Kami berharap Dir Intelkam tentu bisa meneruskan aspirasi kami. Apalagi memang masih banyak perlindungan hukum yang dibutuhkan oleh para tenaga kerja di Sulawesi Selatan ini, sehingga desk ketenagakerjaan itu memang sangat penting adanya," ucapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: