Sukses

Damri Buka Rute Baru di Kaltim, Cek Rutenya

Salah satu transportasi darat yang mengaku telah siap untuk melayani para pemudik yakni Perusahaan Umum (Perum) Damri cabang Samarinda.

Liputan6.com, Balikpapan - Salah satu transportasi darat yang mengaku telah siap untuk melayani para pemudik yakni Perusahaan Umum (Perum) Damri cabang Samarinda.

General Manager (GM) Perum Damri Cabang Samarinda, Elpohan mengaku telah siap untuk mendukung hajatan nasional yang telah terhenti dua tahun belakangan ini karena pandemi Covid-19. Apalagi menurutnya, prediksi kenaikan penumpang dalam menggunakan transportasi darat akan meningkat 25 persen di banding tahun sebelumnya.

“Kenaikan pastinya ada ya, kami prediksi sampai 25 persen. Apalagi kan sudah dua tahun terakhir masyarakat tidak mudik karena pandemi, sehingga momen kali ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mudik,” terang Elpohan, Sabtu (23/4/2022).

Meski diprediksi akan ada peningkatan, namun sampai pekan ketiga Ramadan, perusahaan bus pelat merah ini belum mencatat adanya peningkatan penumpang yang signifikan. Tingkat keterisian armada masih normal di angka 60 hingga 70 persen.

“Jumlah kursi ada 40 seat di setiap armada yang kami siapkan, untuk keterisiannya masih 60-70 persen. Nanti mendekati lebaran kemungkinan baru terlihat kenaikannya,” paparnya.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Armada Tambahan

Elpohan menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Perum Damri sudah menyiapkan antisipasi, di antaranya dengan menambah jumlah armada maupun waktu keberangkatan.

Dari Samarinda, armada bus Damri melayani sejumlah rute, seperti Samarinda-Balikpapan-Banjarmasin, Samarinda-Tanjung Selor, Samarinda-Kota Bangun, Samarinda-Melak hingga Samarinda-Kembang Janggut (Kukar).

“Rute-rute lain tentu akan dikembangkan, termasuk jika ada kemungkinan kami diminta melayani rute di kawasan IKN nantinya,” katanya menyudahi.

Saat ini Perum Damri menyiapkan 12 unit armada yang beroperasi setiap hari, namun armada ini masih bisa ditambah jika dibutuhkan. Di mana diketahui saat ini untuk rute Samarinda-Banjarmasin dilayani satu bus sehari, sementara Samarinda-Tanjung Selor dalam satu minggu ada empat kali keberangkatan yakni di hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.