Sukses

Getaran Gempa Magnitudo 5,4 Nias Selatan Terasa hingga Padang

Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 terjadi di Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (14/2/2022). Gempa mengguncang pada pukul 21.12 WIB.

Liputan6.com, Padang - Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 terjadi di Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (14/2/2022). Gempa mengguncang pada pukul 21.12 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa berada di 149 kilometer tenggara Nias Selatan, 161 kilometer Pasaman Barat, dan 168 kilometer Agam, serta 235 kilometer Padang.

Gempa yang terjadi pada kedalaman 16 kilometer tersebut juga terasa hingga ke Kota Padang. Guncangan dirasakan berayun beberapa detik.

Salah seorang warga Padang, Sonya (25) mengatakan ia sedang berada di dalam rumah ketika gempa terjadi. Namun guncangan gempa tidak terlalu kuat.

"Iya tadi saya les Bahasa Inggris daring, langsung lari ke luar rumah," ujarnya kepada Liputan6.com.

Warga lainnya, Randy, menyebut dirinya sedang istirahat di kamar ketika gempa terjadi, tetapi karena getarannya tidak terlalu kuat maka ia tidak lagi ke luar rumah.

"Sudah ancang-ancang ke luar rumah, tapi karena tidak terlalu kuat jadinya saya urungkan," ujarnya.

Gempa magnitudo 5,4 ini merupakan gempa susulan yang terjadi, sebelumnya lindu juga mengguncang Nias Selatan pada hari yang sama pukul 04.09 WIB dengan magnitudo 6,9.

Setelah itu, beberapa gempa susulan juga terjadi yang berpusat di Nias Selatan. BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.