Sukses

Redam Bentrok Antarsuku di Jayawijaya Papua, TNI Terjunkan 2 SSK

Kodim 1702 dan Yonif 756/WMS mengirimkan dua satuan setingkat kompi (SSK), guna membantu Polres Jayawijaya meredam bentrok antarsuku di Kabupaten Jayawijaya.

Liputan6.com, Wamena - Kodim 1702 dan Yonif 756/WMS mengirimkan dua satuan setingkat kompi (SSK), guna membantu Polres Jayawijaya meredam bentrok antarsuku di Kabupaten Jayawijaya.

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Budi Arif Situmeang, Senin (10/1/2022) mengatakan, prajurit TNI turun langsung ke area bentrok antarsuku di Distrik Wouma untuk meredakan, menyekat, dan menghalau kelompok massa untuk mencegah meluasnya bentrokan.

Dandim menjelaskan, bentrokan terjadi antara dua kelompok masyarakat dari Suku Lanny Jaya dan warga Suku Nduga di Distrik Wouma, Kabupaten Jayawijaya.

"Kejadian tersebut dipicu dugaan pembunuhan yang dilakukan masyarakat Lanny Jaya kepada warga Nduga atas nama Yonas Kelnea (48). Korban diduga dibunuh akibat permasalahan keluarga," kata Budi.

 Budi juga mengatakan, pada Minggu siang (9/1/2021) bentrokan sempat kembali pecah. Kedua kubu masyarakat saling serang menggunakan alat perang tradisional.

"Namun TNI dan kepolisian yang bersiaga berhasil membubarkan massa," katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Solusi

Catatan aparat keamanan menyebut, akibat bentrokan antarwarga pada Sabtu (8/1/2022) itu, satu korban dilaporkan meninggal dunia, sementara 22 orang luka-luka, 4 unit honai terbakar, 35 unit rumah habis terbakar, 2 unit mobil dan 4 unit motor terbakar. 

"Saat ini, aparat keamanan Kodim 1702/JWY, Yonif 756/WMS, dan Polres Jayawijaya siaga di tempat kejadian dan berupaya meminta kedua pihak menahan diri. Pendekatan dengan tokoh masyarakat dari masing-masing kelompok yang bertikai telah dilakukan. Para kepala suku dan panglima perang juga sudah diajak meredakan kelompoknya," kata Budi.

Sementara itu, pada Minggu malam (9/1/2022), Dandim 1702/JWY Letkol Inf Arif Budi Situmeang, Danyonif 756/WMS Letkol Inf Tommy, dan Waka Polres Jayawijaya Kompol Ferdinand, mengadakan pertemuan dengan Bupati Jhon Richard Banua serta Bupati Lanny Jaya Befa Jigibalom, guna membahas langkah antisipasi terjadinya bentrokan kembali, penyelesaian masalah secara tuntas, dan menyeluruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini