Sukses

Serunya Kamping dalam Mobil Tenda ala Double Cabin

Selain bisa dimodifikasi menjadi bentuk tenda, mobil double cabin juga sangat membantu saat komunitas DCab-ID Chapter Bali mengadakan acara donasi ke lokasi-lokasi bencana yang terpencil dan terisolasi.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dengan jenis double cabin (kabin ganda) dengan mesin penggerak 4x4 berkapasitas mesin antara 2.500 hingga 3.000 cc ini selain berdaya dorong yang cukup besar, juga memiliki banyak kegunaan.

Salah satunya dapat dimodifikasi menjadi bentuk mobil tenda seperti Toyota Hilux matik tipe V milik Alex Ford dan Wiwin Winarni yang juga merupakan anggota Double Cabin Chapter Bali sejak tahun 2020.

"Double cabin ini multiguna, bisa angkut barang, bisa memuat banyak penumpang, plusnya bisa untuk kamping," ujar Alex Ford pemilik mobil tenda saat wawancara dengan Liputan6.com, Rabu (3/11/2021).

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ide Modifikasi Mobil Tenda

Suami istri itu sama-sama penikmat alam. Jadi, ide mobil tenda ini mempermudah mereka saat menjelajahi alam terbuka dan juga lebih aman karena posisi tenda berada di atas. Ini dapat melindung dari binatang melata saat berada di alam terbuka.

"Jadi, kalau mau kamping, kami enggak harus ke camping ground. Tinggal cari alam yang kami suka, tempatnya datar untuk parkir mobil dan membuka kap belakang. Lebih praktis," kata Wiwin istri Alex yang juga pengusaha rooftop tend dan asesories offroad pada pewarta.

3 dari 4 halaman

Perlengkapan di Dalam Mobil Tenda

Dia menjelaskan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk kamping dengan mobil kabin ganda. Menurutnya, mobil tenda harus punya perlengkapan tidur, alat masak, peralatan mandi, dan listrik. Jadi, saat kamping tidak perlu repot mencari toilet umum dan sumber listrik dari luar. Posisi toilet atau shower tenda di bagian kiri mobil, sedangkan dapur di bagian belakang.

Mobil sudah dilengkapi dengan penampungan air 150 liter dan bisa diisi ulang (refill). Untuk perlengkapan listrik ada genset, extra battery dan inverter.

Biaya Modifikasi

Secara Garis Besar untuk memperoleh kenyamanan mobil tenda ini, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam dengan total biaya berkisar empat puluh jutaan. Kira-kira dengan rincian berikut: Roof top tent Rp17.500.000, Awning canopy 270° Rp7.000.000, Water tank Rp3.500.000, laci dapur Rp1.000.000, Winch Rp9.000.000, Inverter Rp4.000.000, Tutup bak belakang Rp3.000.000, Shower tent Rp1.500.000.

"Selain bisa dimodifikasi menjadi bentuk tenda seperti milik saya dan suami, mobil double cabin juga sangat membantu saat kami di komunitas DCab-ID Chapter Bali mengadakan acara donasi ke lokasi-lokasi bencana apalagi kalau lokasinya terpencil dan terisolir. Mobil ini bisa menerobos medan sulit, bak belakangnya pun bisa menampung barang-barang yang akan didonasikan seperti bahan pangan, pakaian, masker dan lainnya," Wiwin menjelaskan.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Mobil Tenda

Pada kesempatan itu, mereka memberikan beberapa tips merawat mobil dengan kabin ganda.

Pertama, selesai kamping apalagi setelah terkena hujan, wajib untuk mengeringkannya sebelum ditutup atau dilipat. Karena jika ditutup dalam kondisi lembab apalagi basah akan timbul jamur, berbau, dan memengaruhi keawetan dari tenda itu sendiri.

Kedua, mobil jangan telat diservis. Ganti oli tepat waktu, cek kondisi keseluruhan di bengkel terpercaya secara berkala. Ketiga, kosongkan tangki air saat selesai aktivitas outdoor.

"Pastikan saat selesai kamping atau kegiatan luar, tangki kembalikan ke posisi kosong dan kering. Ini penting untuk kebersihan dan keawetannya," Wiwin menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.