Sukses

Mengintip Aktivitas Seru Komunitas Kabin Ganda Bali, Kumpul Sehobi Sambil Berdonasi

Merangkul anggota dengan moto seduluran saklawase (bersaudara selamanya). Bersemangat menjalani hobi otomotif berbalut kebersamaan. Kumpul sehobi jadi saudara.

Liputan6.com, Jakarta - Double Cabin Indonesia Chapter Bali atau yang biasa disingkat dengan DCab-ID Chapter Bali tengah merayakan hari jadinya ke-8 yang tepat jatuh pada hari Sumpah Pemuda 28 Oktober lalu.

Para panitia mengemas acara perayaan dengan mengadakan outing bagi para anggota komunitas dan keluarganya. Akhir pekan pun dipilih agar anak-anak bisa turut menikmati momen kebersamaan itu.

"Perkemahan satu malam ini diadakan selain sebagai perayaan ulang tahun, juga bertujuan sebagai ajang saling mengenal, juga silaturahmi guna mempererat tali persaudaraan antar anggota dan para keluarga mereka," ujar Sugiarto, Ketua DCab-ID Chapter Bali melalui wawancara dengan Liputan6.com, di Buleleng, Sabtu (30/10/21).

"Tidak hanya para bapak-bapak penggemar otomotif yang notabene anggota saja yang harus saling mengenal, tapi keluarga pun harus saling tahu agar terjalin keterbukaan antara anggota dan keluarga mereka," sambung pria yang akrab disapa Om Ogi itu.

Giri Luwih Agro Coffee Adventure yang berlokasi di Jalan Raya Wanagiri, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali dipilih panitia sebagai lokasi perkemahan.

"Pemilihan lokasi outing atas dasar rembuk panitia dan survei lokasi. Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, serta bisa mengakomodir seluruh anggota dan keluarga," tambahnya.

Willy Sunur selaku Ketua Panitia peringatan anniversary pun menjelaskan singkat perihal rangkaian acara hari itu. Diawali dari ketibaan di lokasi, masing-masing anggota bahu-membahu mendirikan tenda-tenda mereka, malam harinya ada acara api unggun, dan ditutup dengan bakti sosial.

"Udara dingin khas dataran tinggi bikin acara api unggun ini makin meriah dan hangat. Setelah prosesi potong tumpeng lalu kami menyantapnya bersama," kata Willy yang bergabung di Chapter Bali sejak Februari 2020 lalu.

Bakti sosial diadakan keesokan harinya dengan membagikan paket sembako kepada warna sekitar bumi perkemahan Giri Luwih. Baksos ini sejalan dengan misi mereka untuk menjalin hubungan baik dan berbagi dengan masyarakat setempat.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Komunitas Double Cabin

Double Cabin Indonesia terbentuk sejak tahun 2007. Sedangkan untuk DCab-ID Chapter Bali resmi terbentuk delapan tahun silam tepatnya di tahun 2012 yang pada tahun 2021 ini beranggotakan sebanyak 110 orang.

Terbentuknya DCab-ID adalah sebagai sarana tukar-menukar informasi mengenai otomotif Double Cabin maupun informasi lainnya antar-anggota dengan turut menjunjung semangat kebersamaan serta mengembangkan, dan menyalurkan hobi otomotif.

Willy menyebutkan, bergabung dengan komunitas ini membuatnya menemukan wadah komunikasi yang tepat tentang mobil double cabinnya.

"Double cabin ini sangat mendukung kegiatan pekerjaan saya di bidang konstruksi, multi-fungsi, nyaman dipakai touring dan bisa mengangkut banyak muatan. Makanya, keberadaan komunitas ini amat penting bagi saya untuk bisa mendapat banyak informasi,” ucap Willy.

3 dari 3 halaman

Berkeliling Nusantara Tambah 'Dulur'

Om Ogi terpilih sebagai Ketua Double Cabin Chapter Bali sejak 2017. Dia bersama rekan-rekan anggota komunitas telah menjejaki Provinsi di Nusantara mulai dari tempatnya berdomisili yaitu Bali, lalu NTB, NTT, Jawa, Sumatra, hingga Kalimantan.

"Target berikutnya kami ingin ke Aceh," ucap Om Ogi antusias.

Agenda keliling provinsi tersebut juga bertujuan untuk saling mengunjungi chapter lain yang berulang tahun. Kunjung mengunjungi ini selain sebagai ajang silaturahmi, tukar-menukar informasi juga merupakan tujuan dari pembentukan organisasi ini yaitu menjalin tali persaudaraan serta kerjasama sesama anggota.

"Saya merangkul anggota dengan moto seduluran saklawase (bersaudara selamanya). Bersemangat menjalani hobi otomotif berbalut kebersamaan. Kumpul sehobi jadi saudara,” pungkas Om Ogi pada pewarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.