Sukses

Perluasan Tenaga Kerja Mandiri Rambah Papua, Bisa Tekan Kemiskinan?

Liputan6.com, Jayapura - Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menegaskan program perluasan tenaga melalui program Tenaga Kerja Mandiri tidak hanya dilakukan di Jawa, melainkan di seluruh provinsi Indonesia. Termasuk di Papua dan Papua Barat.

“Program ini tidak hanya sentralisasi di Jawa, namun seluruh provinsi, termasuk juga memberikan kesempatan juga kepada masyarakat Papua dan Papua Barat,” ujar Ida saat penyerahan bantuan dan Ekspo Tenaga Kerja Mandiri di Papua, Jumat (15/10/2021). 

Ida menyatakan, pihaknya kontribusi secara pasti dengan menurunkan kemiskinan di Papua Barat. Program ini juga diyakini bisa meningkatkan kompetensi masyarakat Papua.

“Ini langkah taktis dari pemerintah melalui Kemenaker sebagai upaya mitigasi dan agar masyarakat bisa survive kemudian kembali basuk ke fase baru dengan kesiap sigapan kita semua, ” ungkapnya.

Ida optimistis Papua dan propvinsi lainnya di Indonesia akan bangkit dari persoalan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dampingi Wapres

Sebelumnya, Ida sempat mendampingi Wapres Ma’ruf Amin kunjungan di Sejumlah daerah di Papua. Dari situ dia melihat langsung bahwa Papua membutuhkan invervensi dari pemerintah.

“Papua butuh percepatan penuntasan persoalan kemiskinan, ini yang kita serap dari kunjungan bersama Wapres, ” ungkap Ida.

Hadir juga diacara itu, Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja, I Nyoman Darmanta yang ikut memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Papua.