Sukses

Bukan Klaster Sekolah, Lantas di Mana Puluhan Siswa di Cilacap Tertular Covid-19?

Liputan6.com, Cilacap - Sebanyak 42 siswa yang sebelumnya terpapar Covid-19 di Cilacap dinyatakan sembuh. Mereka adalah siswa yang menjalani isolasi terpusat di Gedung Diklat Cilacap.

Dengan kesembuhan siswa, maka isolasi terpusat itu ditutup. Akan tetapi, siswa yang sudah dinyatakan sembuh masih diminta untuk membatasi kegiatan meski sudah dipulangkan.

“Yang sudah negatif itu 42. Yang menjalani isolasi terpusat itu kan sudah negatif semua sehingga sudah dipulangkan semua. Karena mereka itu kan OTG," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Cilacap, M Wijaya, Kamis (30/9/2021).

Terkait penularan Covid-19 ke 74 siswa dan guru di SMA Negeri 2 Cilacap, Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menduga Covid-19 sudah menyebar ke semua lini.

Dugaan itu muncul setelah 74 siswa dan guru SMA Negeri 2 Cilacap terpapar Covid-19 karena namun bukan merupakan klaster sekolah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Tertular di Lingkungan Pergaulan

Wijaya mengatakan berdasar evaluasi mereka tertular di lingkungan pergaulannya. Diduga mereka terpapar di tempat umum. Pasalnya, diduga kini Covid-19 telah tersebar luas nyaris ke tiap lini.

"(Dugaan penularan dari mana?) Aduh, itu kan di tempat umum. Tidak bisa kita pantau. Di rumah dan kegiatan lainnya. Jadi memang belum disimpulkan dari mana. Kalau kesimpulannya ya mereka memang ketularan dari tempat umum,” dia mengungkapkan.

M Wijaya mengemukakan, untuk menekan laju penularan Covid-19 masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi Covid-19.

Selain itu, masyarakat juga diminta kooperatif dan tidak takut swab jiwa merasakan gejala yang mengarah kepada Covid-19.