Sukses

Gangguan Internet, Tes CASN Kejaksaan di Kaltim Tertunda

Liputan6.com, Balikpapan - Pelaksanaan tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur (Kaltim) yang rencananya digelar di Balai Sudirman Balikpapan, pada Senin (20/9/2021) gagal terlaksana. Hal ini terjadi imbas dari lumpuhnya server jaringan internet Telkom.

Tercatat ada 400 peserta yang gagal mengikuti CASN dengan tes tahap Computer Assisted Test (CAT) yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Padahal, ratusan peserta CASN tersebut sudah menunggu sejak pagi hari, kekecewaan pun dialami oleh para peserta. Salah satu peserta CASN, Reinaldi menuturkan, pihaknya tidak menerima informasi adanya kendala tersebut.

"Kami hanya menunggu tanpa kejelasan dan kepastian. Baru di sore hari ada panitia BKN yang memberikan penjelasan," ujar peserta asal Samarinda ini.

Menurutnya, BKN seharusnya dapat membuat langkah antisipasi agar pelaksanaan dapat berjalan atau memberikan informasi kepada para peserta agar mengetahui terkait kendala tersebut. "Menyayangkan, BKN tidak punya opsi lain. Padahal, harusnya bisa diantisipasi," cetusnya.

Kendati tidak dapat mengikuti tes CAT hari itu, kata Reinaldi, maka tes akan dijadwalkan ulang pada bulan Oktober 2021. "Kalau tidak salah tadi 1 atau 2 Oktober. Nanti kepastiannya akan diumumkan lewat akun resmi BKN," tuturnya yang mendaftar sebagai Calon Jaksa Muda.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Gangguan Jaringan Telkom

Menanggapi hal tersebut Koordinator Pelaksana CASN BKN Kantor Regional 8 Banjarmasin, Nur Muhammad Ilyas memaparkan bahwa gangguan jaringan Telkom menjadi faktor utama kendala pelaksaan tes CAT.

"Karena jaringan yang kami gunakan jaringan Telkom sementara jaringan Telkom mengalami gangguan force major yang tidak bisa kami handle," tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa usai gagalnya tes CAT tersebut, maka akan dilakukan penjadwalan ulang yang akan dikoordinasikan dengan pihak Kejaksaan. "Nanti akan ada surat dari BKN pusat PPSS yang akan dikirim ke instansi untuk diumumkan kembali penjadwalan ulang," paparnya.

Nur juga mengoreksi bahwa kegiatan tes CAT tersebut tidak gagal akan tetapi akan dijadwalkan ulang karena kendala force major. "Bukan gagal ya tapi dijadwalkan ulang untuk mengikuti kembali sesi hari ini karena force major," dia menandaskan.