Sukses

Menyigi Kamar-Kamar Tahanan di Rutan Balikpapan Jelang Tengah Malam

Untuk mewujudkan Zero Halinar atau meniadakan ponsel, pungli, dan narkoba di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Balikpapan, operasi penggeledahan kamar hunian yang di tempati warga binaan kembali dilakukan.

Liputan6.com, Balikpapan - Untuk mewujudkan Zero Halinar atau meniadakan ponsel, pungli dan narkoba di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Balikpapan, operasi penggeledahan kamar hunian yang di tempati warga binaan kembali dilakukan.

Operasi penggeledahan tersebut dilakukan pada Senin (23/8/2021) malam sekitar pukul 22.00 Wita. Sebelum tim gabungan melakukan penggeledahan dilaksanakan apel bersama Petugas Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) Kanwil, dan Rutan di halaman Rutan yang dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Jumadi.

"Petugas melaksanakan tugas dengan sepenuh hati serta menjaga integritas," tegas Jumadi kepada para personel, sebelum operasi digelar.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratusan Petugas Terlibat Razia

Usai apel, Ketua Tim melakukan pembagian tugas penggeledahan menjadi dua tim. Tim I dipimpin oleh Staf Keamanan Hidayat HB yang akan bertugas di blok B Kamar 15, 16, dan 17.

Sementara itu Tim II dipimpin Moch Sachri yang melaksanakan tugas penggeledahan di Blok C kamar 17 dan 18.

Setelah pembagian tugas, seluruh anggota tim melakukan penggeledahan ke kamar hunian yang sudah ditentukan sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Menyigi Kamar Tahanan

Petugas membuka kunci kamar hunian meminta Warga Binaan keluar kamar untuk dilakukan penggeledahan badan dan menunggu dengan tertib di luar kamar.

Usai penghuni berada di luar kamar hunian, petugas kemudian menyisir dari kolong kamar, ventilasi, hingga kamar mandi.

"Kegiatan penggeledahan di Rutan ini untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban serta kondisi terkontrol di dalam Rutan untuk mewujudkan Zero Halinar pada seluruh UPT Pemasyarakatan Wilayah Kalimantan Timur," ungkap Jumadi.

4 dari 4 halaman

Penyisiran

Petugas membuka kunci kamar hunian meminta Warga Binaan keluar kamar untuk dilakukan penggeledahan badan dan menunggu dengan tertib di luar kamar.

Usai penghuni berada di luar kamar hunian, petugas kemudian menyisir dari kolong kamar, ventilasi hingga kamar mandi.

"Kegiatan penggeledahan di Rutan ini untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban serta kondisi terkontrol di dalam Rutan untuk mewujudkan Zero Halinar pada seluruh UPT Pemasyarakatan Wilayah Kalimantan Timur,” ungkap Jumadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.