Sukses

Meski Api Padam Komodo Aman, 10 Hektare Padang Savana Pulau Komodo Hangus Terbakar

Padang savana di sebelah barat Pulau Komodo seluas 10 hektare hangus terbakar, sengaja dibakar atau apa?

Liputan6.com, Labuan Bajo - Kebakaran melalap padang savana di sebelah barat Pulau Komodo, Sabtu (7/8/2021) sekitar pukul 15.00 Wita. Mohamat, warga di Pulau Komodo, melalui sambungan telepon mengatakan, kebakaran tepatnya melanda Laju Pamali sekitar Loh Wenci, bagian barat Pulau Komodo. 

Polres Manggarai Barat yang datang ke lokasi memastikan fasilitas wisata di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo, aman dan tidak ada hewan komodo yang terdampak.

"Seluruh fasilitas dan hewan di sini pun dalam kondisi aman," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, Minggu (8/8/2021).

Bambang menjelaskan, pemantauan di Pulau Komodo dilakukan bersama Kompi 4 Brimob Labuan Bajo, Lanal Labuan Bajo, Kodim 1612/Manggarai dan jajaran Pemda Manggarai Barat pada Sabtu malam sekitar pukul 23.07 Wita.

Dalam pantauan tersebut, tim gabungan melakukan pemeriksaan dan patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo.

"Kami melakukan pemeriksaan serta patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo, baik di wilayah selatan maupun timur. Kami tidak menemukan titik api di sekitar daerah itu," ujarnya pula.

Kebakaran sabana terjadi tepatnya di Laju Pemali, bagian barat Pulau Komodo pada pukul 15.00 Wita

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Penyebabnya?

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang, luas lahan yang terbakar sekitar 10 hektare. Namun, penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan.

Sementara itu, api telah berhasil dipadamkan pada Minggu, pukul 05.00 Wita. Pemadaman dilakukan oleh 41 personel Balai Taman Nasional Komodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.