Sukses

Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar Dimulai, Bandung Targetkan Sehari 2.000 Siswa Divaksin

Sejumlah siswa SMP dan SMA di Kota Bandung mulai menerima vaksinasi Covid-19 untuk usia 12-17 tahun.

Liputan6.com, Bandung - Sejumlah siswa SMP dan SMA di Kota Bandung mulai menerima vaksin Covid-19 untuk usia 12-17 tahun. Salah satunya yang dilaksanakan berkat kolaborasi Pemkot Bandung dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia.

Vaksinasi Covid-19 untuk para pelajar usia 12-17 tahun ini digelar di di SMPN 2 Bandung, Jalan Sumatra, Bandung, Rabu (14/7/2021).

Selain di Kota Bandung, BIN juga melaksanakannya di 13 provinsi lain, di antaranya, DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, Yogyakarta, Jatim, Bali, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Kaltim, Sulsel, dan Papua.

Untuk pelaksanaan di Jawa Barat dilakukan di Kota Bandung dengan target 1.000 orang SMP dan 1.000 orang SMA. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya vaksinasi massal usia 12-17 tahun di Kota Bandung.

"Terima kasih kepada BIN yang sudah mendorong proses vaksinasi untuk usia 12-17 tahun hari ini," ucap Yana.

Menurutnya, ini adalah salah satu upaya mempercepat pencapaian herd immunity atau kekebalan kelompok. Khususnya, di kalangan pelajar SMP dan SMA di Kota Bandung, sehingga bisa terhindar dari Covid-19 dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa dilaksanakan.

"Di Kota Bandung usia 12-17 itu ada sekitar 244 ribu. Namun, kalau kita bicara anak sekolah usia itu tentunya jumlahnya jauh lebih besar. Karena banyak anak-anak yang bersekolah berasal dari Bandung raya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabinda Jabar Brigjen TNI Deddy Agus Purwanto mengatakakan, selain vaksinasi bagi warga usia 12-17 tahun, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi door to door bagi warga masyarakat yang tersentral di Kota Bogor.

"Dikhususkan untuk orang-orang yang belum terdaftar untuk vaksin atau belum melaksanakan vaksin dan kita juga dalam rangka mempercapat program vaksinasi,” kata dia.

Sementara itu, salah satu penerima vaksin, Shazia mengaku mau divaksin karena ingin terhindar dari Covid-19 dan bersekolah seperti sedia kala. "Biar terhindar dari virus, biar bisa tatap muka lagi," tutur siswa SMPN 2 Kota Bandung itu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.