Sukses

Nazam, Sastra yang Tergerus Titimangsa

Nazam merupakan salah satu bentuk sastra di Aceh yang mulai tergerus zaman.

Liputan6.com, Aceh - Sekitar 1960-an, masyarakat di Aceh masih lekat dengan nazam. Sayang, di zaman kiwari, orang-orang yang hidup pada zaman kejayaan karya sastra itu hanya mampu bernostalgia.

Seorang penerjemah manuskrip, yang kini berumur hampir 70 tahun, T.A. Sakti mengatakan bahwa orang-orang seperti dirinya di zaman ini hanya dapat mengenang nazam. Dengan kata lain, ruang untuk menghidupkan kembali tradisi membaca nazam sudah terlalu sempit.

"Kecuali kalau ada lomba yang hadiahnya besar," ketus Sakti, saat Liputan6.com mewawancarainya via sambungan telepon, Kamis (1/7/2021).

Sakti bercerita bahwa pernah suatu hari peserta lomba membaca nazam di Balai Bahasa membludak dan tidak tertampung. Namun, ia yakin bahwa motif para peserta pasti tergiur oleh hadiah bukan berniat untuk menghidupkan kembali legasi para pendahulu.

Nazam sendiri, menurut Hendra Kasmi dalam Nilai-Nilai Religi dalam Nazam Aceh (2019), merupakan bagian kesusastraan lama yang identik dengan karya religi. Di dalamnya mengandung advis atau petuah moral, terutama berhubungan dengan nilai-nilai keagamaan yang mengutip kitab, hadis, sampai kisah-kisah perjalanan Rasulullah.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sakral

Nazam hampir sama dengan karya sastra lama lainnya. Dia terikat bentuk, bait, dan irama, seperti syair, pantun, gurindam, dan lain sebagainya, hanya saja, nazam terdiri dari dua belas larik dalam satu bait.

Menurut T.A. Sakti, nazam bertempat sebagai selingan atau bukan menjadi bagian utama. Lazimnya, nazam akan hadir di akhir atau sebagai penutup.

Nazam ada di dalam pengajian, pesta perkawinan, maulid, penyambutan bulan suci, hingga ritual penunaian nazar. Pembacaan nazam boleh jadi akan berlangsung selama 4-6 hari, dengan mengundang seorang ahli untuk membacanya.

Nazam katanya berasal dari para pengembara tanah Arab. Seiring waktu, syair dalam nazam berubah menjadi bahasa lokal, dan selain Aceh, ini juga berlaku di beberapa daerah nusantara.

Karena sifatnya yang sakral, seseorang tidak boleh menulis nazam sembarangan. Biasanya, seorang pembaca nazam mengutip nazam tersebut dari kitab pendahulu.

3 dari 3 halaman

Akhbarul Na’im

Salah satu kitab nazam adalah Akhbarul Na’im (Kabar yang Nikmat), sebuah magnum opus dari Syekh Abdussamad atau Teungku Di Cucum. Syekh Abdussamad katanya menulis kitab tersebut pada 1269 hijriah, lalu seseorang bergelar Syekh Andid menyalinnya setebal 385 halaman.

Menurut T.A. Sakti, masyarakat Kabupaten Aceh Besar, khususnya warga berbagai di tiga kecamatan, yaitu Darussalam, Kutabaro dan Krueng Barona, dulu cukup akrab dengan syair-syair dalam kitab Akhbarul Na’im. Kini, wallahualam.

Akhbarul Na’im secara garis besar berisi nasihat sepanjang hayat. Berlaku sejak dalam kandungan, lahir ke dunia, usia anak-anak, masa remaja, kawin-mawin, beranak bercucu, berumur hingga ajal menjemput.

Berikut salah satu bait nazam yang menceritakan tentang fase ketika seorang berada di dalam kandungan ibunya sampai ayunan, mengutip Hendra Kasmi (2019):

Leupah that susah watéé mak kandöng. Dari buleuen phön hingga kuluwa. Ban lahéé sinyak neuwa ngon neucöm neuikat ayön neudoda gata, poma meupantön peuayön gata. 

Begitu susah ibu mengandung. Dari bulan pertama hingga melahirkan. Ketika lahir beliau peluk dan cium. Memasang ayunan meninabobokan kamu. Ibu berpantun saat meninabobokan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.