Sukses

Kidung Rumekso, Syair Indah dan Angker Dakwah Walisongo

Walisongo dalam berdakwah sangat menarik. Mereka berdakwah tidak serta merta mengajak masyarakat untuk langsung memeluk Islam, bahkan tidak sampai memaksa apalagi mengancam.

Liputan6.com, Jakarta - KH. Ngatawi Al-Zastro yang merupakah seorang budayawan mengungkapkan bahwa cara Walisongo dalam berdakwah sangat menarik. Mereka berdakwah tidak serta merta mengajak masyarakat untuk langsung memeluk Islam, bahkan tidak sampai memaksa apalagi mengancam.

Hal ini ia sampaikan dalam acara ngabuburit bareng Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan, Selasa, 27 April 2021 pukul 17.00 WIB. Dalam prakteknya, Walisongo lebih mengedepankan cara-cara yang elegan, membuat sebuah perumpamaan atau menggunakan piranti lain dalam menyampaikan ajaran Islam. Sehingga masyarakat Jawa pada waktu itu tidak menyadari bahwa mereka sedang didakwahi dan diajak masuk Islam.

Cara-cara seperti ini tentunya bukan perkara mudah, dan tidak sembarang orang mampu melakukannya. Walisongo adalah orang-orang yang cerdas secara sikap dan nalar, mereka mampu membaca psikologi masyarakat Jawa pada waktu itu, sehingga para wali paham betul gejolak dan emosional masyarakat.

Zastrow memberikan sebuah sebuah contoh bagaimana walisongo berhasil mengajak masyarakat Jawa untuk bangun malam melaksanakan shalat tahajud sesuai tuntunan ayat Al-Qur’an. Walisongo tidak seta merta mengeluarkan ayat Al-Qur’an untuk mengajak,

“Jadi misalnya bagaimana mengajarkan orang itu mau bangun tengah malam, ini kan tahajud dan ayatnya juga jelas. Para wali tidak membaca ayat ini dulu, kemudian teriak-teriak kamu harus bangun tengah malam, ini perintah Allah, kalau enggak kamu dosa.”

Tapi Walisongo mempunyai cara yang elegan dalam mengajarkan ayat tentang tahajud kepada masyarakat. Walisongo mentransformasikan ayat Al-Quran ini, diambil maknanya dan dibuat sebuah syair yang menarik dan diberi nama ‘Kidung Rumekso’.

“Dari ayat ini di transpormasikan dan dibikin sebuah syair baru yang namanya ‘Kidung Rumekso’ yang isinya sama sehingga ayat qur’annya tetep begitu, dan maknanya diambil.” Lanjut Zastrow.

Metode dakwah yang baik, adalah harus dengan cara-cara yang menyenangkan, sehingga inti ajaran mampu tersampaikan dengan baik tanpa melukai perasaan masyarakat yang kita ajak untuk memeluk Islam. Sebagaimana yang dilakukan Walisongo, lewat ‘Kidung Rumekso’, tatkala orang sudah senang barulah Walisongo mengajarkan inti dari agama.

“Oh ini ada syair kok indah banget, akhirnya orang jadi senang menyanyikan, dan kemudian mau mendengarkan ajaran yang disampaikan Walisongo,” kata Zastrow.

Program Ngabuburit Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan dengan tema besar ‘Mata Air Kearifan Walisongo’ hadir setiap hari pada bulan Ramadhan pukul 17.00 WIB dapat diikuti melalui kanal Youtube: BKNP PDI Perjuangan, Instagram: BKNPusat dan Facebook: Badan Kebudayaan Nasional Pusat.

Saksikan Video Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.