Sukses

Saling Membantu, Penyintas Gempa Mamuju Buka Warung Makan Gratis untuk Relawan

Sebagai penyintas gempa Mamuju, Aisyah (32) tentu bisa saja memilih tidak melakukan apa-apa dan menunggu bantuan. Namun, hal itu tidak dilakukannya. Dia memilih untuk ikut membantu dengan segala kemampuannya.

Liputan6.com, Mamaju - Di tengah kesulitan usai gempa Mamuju, sebuah warung makan gratis dari penyintas menjadi pengampu bagi para relawan dan jurnalis yang bertugas di wilayah tersebut.

Sebagai penyintas gempa Mamuju, Aisyah (32) tentu bisa saja memilih tidak melakukan apa-apa dan menunggu bantuan. Barang-barang di rumahnya di Jalan Pengayoman, Kota Mamuju rusak. Bahkan, bersama keluarganya dia mengungsi sementara di warung makannya yang tidak lagi melayani pembeli.

Namun alih-alih berpangku tangan, dia bersama 9 perempuan anggota keluarganya justru membuat rumah makan gratis khusus relawan dan jurnalis yang bertugas di daerah yang sedang berduka akibat gempa itu.

Rumah makan di Jalan Pengayoman yang buka sejak pukul 8 pagi hingga 8 malam itu sudah dibuka sejak hari pertama bencana melanda yakni Jumat (15/1/2021).

"Setiap harinya lebih dari seratus sukarelawan makan di tempat ini," kata Aisyah, Rabu (20/1/2021).

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Habiskan 50 Kg Beras

Untuk menyiapkan menu-menu makanan sederhana saban hari selain Aisyah, ada 10 perempuan penyintas gempa Mamuju lainnya yang bekerja secara bergantian dari pagi, siang, dan malam agar makanan tetap tersedia.

Bahan-bahan makanan di warung relawan tersebut dibeli dengan uang pribadi dan sesekali dari donasi. Setiap hari rata-rata 50 kilogram beras habis.

Aisyah dan penyintas lainnya bertekad akan berusaha tetap memberikan donasi makanan ke sukarelawan yang membantu penanganan pascagempa di Mamuju sebagai bentuk penghargaan atas kemanusiaan.

"Kami sangat berteri makasih sukarelawan datang membantu kami di Mamuju. Selama kami mampu, warung ini akan tetap ada," Aisyah memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.