Sukses

Besok Sumut Vaksinasi Covid-19, Gubernur Edy Disuntik Pertama

Liputan6.com, Medan Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dilakukan pada Kamis, 14 Januari 2021. Vaksinasi rencananya dilakukan di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, akan menjadi orang pertama yang divaksin, kemudian disusul pejabat dan tokoh tingkat provinsi lainnya. Saat rapat dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi, secara virtual, Senin, 11 Januari 2021, Gubernur Edy mengaku tidak memiliki persiapan khusus.

"Saya pertama disuntik. Ini dokter Handoyo yang akan menyuntik saya. Tidak ada persiapan khusus, datang, suntik, sudah selesai," kata Edy.

Usai pejabat dan tokoh Sumut, selanjutnya giliran masing-masing pejabat dan tokoh di Medan, Binjai, dan Deli Serdang (Mebidang) yang akan divaksin pada Jumat, 15 Januari 2021. Untuk Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) tergantung daerahnya masing-masing menentukan jadwal vaksinasi.

Pada Termin I, SDMK Medan mendapat jatah 18.729 orang, Binjai 2.490 orang, dan Deli Serdang 4.874 orang. Gubernur Edy memastikan pejabat, tokoh, atau SDMK yang tidak memenuhi syarat tidak akan divaksin.

"Kepada bupati dan wali kota sesuai dengan kondisi, kalau sudah usia lanjut atau 60 tahun ke atas jangan, komorbid jangan," sebutnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Kebutuhan Vaksin Sumut

Semua partisipan pada Termin I ini akan mendapat 2 suntikan dengan jarak waktu 14 hari dari suntikan pertama. Saat ini jumlah vaksin yang diterima Sumut baru 40.000. Gubernur Edy yakin kebutunan vaksin Sumut akan terpenuhi.

"Kita harusnya itu 74.000 vaksin, tetapi sekarang yang ada 40.000, kurang 34.000 lagi. Ini berjalan karena jaraknya dari suntikan pertama 14 hari atau mungkin lebih," sebut Edy.

3 dari 4 halaman

Termin II Februari 2021

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah mendaftarkan SDMK-nya untuk vaksinasi. Untuk pejabat dan tokoh, terus diperiksa dan dipastikan kesiapannya.

"Nama-nama sudah ada. Sudah pasti itu Pak Gubernur dan saya," terangnya.

Disebutkan Alwi, Termin II vaksinasi nantinya akan dilaksanakan pada bulan Februari 2021 untuk 30 kabupaten/kota di Sumut. Di Sumut, terdata ada sebanyak 69.614 orang tenaga kesehatan yang tercatat.

"Mereka semua tentu akan divaksin, diupayakan selesai di Termin II," Alwi menandaskan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut ini: