Sukses

Pencuri Kotak Amal Masjid di Medan Tersungkur Diterjang Peluru Polisi

Liputan6.com, Medan Pencuri kotak amal Masjid Al Amin, Jalan Bilal Dalam, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, tersungkur diterjang peluru polisi. Aksi pencurian kotak amal masjid ini terekam Closed-Circuit Television (CCTV) dan viral di media sosial.

Kapolsek Medan Timur, Kompol M Arifin, mengatakan pencuri bernama Iman Habib Hasibuan. Pria 34 tahun ini merupakan warga Jalan Rahmat, Kecamatan Medan Denai. Pencurian ini sempat viral di media sosial pada Kamis, 31 Desember 2020.

"Pihak masjid membuat laporan polisi kepada kita," kata Arifin, Kamis (7/1/2021).

Berdasarkan laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan dengan melihat CCTV dan melakukan cek lokasi kejadian. Berdasarkan penyelidikan, tim kemudian mengetahui pelaku pencurian.

Setelah mengetahui keberadaan pelaku, Rabu, 6 Januari 2021, yang saat itu sedang berada di kediamannya, polisi langsung bergerak cepat untuk melakukan penangkapan. Saat ditangkap, pencuri kotak amal masjid tersebut pura-pura ingin buang air besar, ternyata berusaha merebut senjata polisi.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Berusaha Kabur

Karena upaya merebut senjata polisi gagal, pelaku berusaha kabur. Melihat pelaku berusaha melarikan diri, polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan ke arah atas. Namun tidak juga diindahkan.

"Anggota kemudian memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak kedua kakinya," ucap Kapolsek.

Saat diinterogasi, pelaku diketahui berstatus residivis. Selain mengamankan pelaku tersebut, polisi juga menyita barang bukti berupa pakaian dan topi yang digunakan saat beraksi mencuri kotak amal masjid.

"Kita juga menyita tang dan kotak amal. Saat ini sudah kita amankan," terang Arifin.

Habib juga mengaku telah berulang kali melakukan pencurian kotak amal masjid dengan modus berpura-pura menumpang kamar mandi. Sebelumnya, Habib pernah dihukum pidana karena terlibat kasus narkoba.

"Statusnya sudah tersangka," ujar Kapolsek.

3 dari 4 halaman

Kebutuhan Ekonomi

Kepada polisi, pelaku mengakui aksi pencurian dilakukan karena kebutuhan ekonomi. Dia sendiri mencuri dengan cara merusak gembok kotak amal masjid menggunakan tang yang sudah disiapkan.

"Karena kebutuhan ekonomi, anak saya sakit," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut ini: