Sukses

Sebanyak 13.200 Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Pertama Tiba di NTT

Vaksin jenis Sinovac asal China tiba di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Liputan6.com, Kupang - Vaksin jenis Sinovac asal China tiba di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/1/2021) pagi tadi. NTT mendapatkan 13.200 vaksin Covid-19 Sinovac untuk tahap pertama.

Vaksin Sinovac dibawa menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6540. Penurunan vaksin dari pesawat Batik Air dilaksanakan oleh petugas pada pukul 06.24 Wita setelah pesawat mendarat di Bandara Internasional El Tari Kupang pada 06.15 Wita.

Setelah diturunkan, sekitar pukul 06.35 Wita, sebanyak 7 koli vaksin dengan berat 256 kg itu dibawa dengan pengawalan menuju terminal kargo.

Penyerahan secara resmi vaksin tersebut dilakukan oleh SN Cargo ke Pemerintah Provinsi NTT yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan NTT.

Kepada wartawan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTT Ema Simanjutak, Selasa (5/1/2021) mengatakan vaksin yang tiba berjumlah 13.200 dengan berat 7 koli.

Saat ini, pihaknya masih menunggu instruksi lanjutan untuk segera mendistribusikan vaksin di seluruh kabupaten/kota di NTT.

Ia menjelaskan pihaknya sudah mendata tenaga kesehatan (nakes) yang perlu mendapatkan vaksin tahap pertama ini.

Para nakes tersebar di 378 puskesmas, 10 rumah sakit pemerintah, 2 rumah sakit swasta, dan sisanya untuk klinik swasta yang sudah terverifikasi. Menurutnya, setiap tenaga kesehatan akan mendapatkan dua kali kali dosis single vaksin.

"Ada 13.200 vaksin jadi dibagi dua maka ada sekitar 6.600 nakes yang akan divaksin," jelasnya.

Sebelum didistribusi, vaksin akan disimpan di gudang instalasi farmasi di Pulo Indah. Vaksin akan disimpan sesuai SOP penyimpanan vaksin dengan suhu ruangan 2-8 derajat Celsius.

Simak juga video pilihan brikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.